Warga Kahuripan Kota Tasik Dapat Bantuan Beras tak Layak Makan

44
0

TAWANG – Sejumlah penerima bantuan beras dari Pemerintah Pusat mengeluhkan kualitas beras yang diterima. Penerima bantuan menyebut beras tidak layak konsumsi.

Sekretaris RW 02 Cintarasa Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang Asep Wawan Kurniawan mengatakan di wilayahnya terdapat enam keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (PKM PKH) yang mendapat distribusi beras tersebut. Sayangnya kondisi beras tidaklah layak dikonsumsi.

“Kita kemudian klarifikasi ke koordinator PKH, namun mereka pun mengatakan hal serupa, bahwa warga di wilayah lain keluhkan hal sama. Dan itu bukan kewenangan PKH,” ucapnya kepada Radar, Selasa (6/10).
Ia menceritakan PKH merasa malu, lantaran banyaknya keluhan terhadap para pendamping dan koordinator. Padahal program Bantuan Sosial Beras (BSB) disalurkan tidak melalui PKH atau e-warong.
“Kita mendorong PKH klarifikasi persoalan ini ke Bulog, selaku penyalur BSB. Jangan PKH yang kena getahnya, padahal bantuan yang biasa melalui PKH kualitasnya tidak seperti ini,” keluh Asep.
Menurutnya, di lapangan terjadi fenomena beras yang didapatkan penerima malah dijual kembali. Ditukar tambah dengan beras yang kualitasnya lebih baik, sehingga layak dikonsumsi.
“Kan lucu, bantuan sampai harus dijual dulu. Bahkan ada yang digiling lagi. Program tujuan baik malah mengerjai masyarakat, bahkan khawatir bisa keracunan kalau dikonsumsi,” ungkapnya.
Salah seorang penerima Lia (43) warga RT/RW 05/02 Cintarasa mengeluhkan beras yang diterima akhir September 2020. Sampai saat ini belum dikonsumsi. Ia mengaku kondisi beras apek dan berkutu, sehingga enggan untuk dimasak dan disajikan bagi keluarga.
“Kita harap realisasi selanjutnya, yang informasi itu dicairkan bulan ini. Kualitasnya lebih baik, sebab ini saja kami enggan mengonsumsinya,” keluh dia. (igi)

Firgiawan / Radar Tasikmalaya
TUNJUKKAN. Sekretaris RW 02 Cintarasa dan penerima BSB Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang menunjukan beras bantuan Kemensos yang diterima Selasa (6/10).

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.