Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4.2%

20.3%

8.2%

67.3%

Warga Karsamenak Kawalu Tasik yang Keracunan Nasi Dus Mulai Sembuh, Ini Kata yang Punya Hajatan..

443
0
KERACUNAN MASSAL NASI DUS
Para petugas Puskesmas Kawalu saat memeriksa kesehatan warga yang keracunan massal, Senin (27/07) siang. istimewa for radartasikmalaya.com

KOTA TASIK – Sebanyak 31 ibu-ibu dan bapak-bapak warga Gunung Ranji Karsamanak Kawalu Kota Tasik, yang Minggu (26/07) malam mengalami keracunan makanan nasi dus, kondisinya kini berangsur pulih.

Di lokasi, tepatnya di RW 14, para petugas kesehatan dari Puskesmas Kawalu masih bersiaga memeriksa kesehatan para korban keracunan massal yang mengalami gejala mual, muntah dan diare.

“Alhamdulillah kondisinya (warga yang keracunan massal, Red) sudah pada membaik dan telah tertangani,” ujar Pengelola Program Surveilan Puskesmas Kawalu, Relani kepada wartawan, Senin (27/07) siang.

“Barusan didata, yang mengalami gejala ini ada 31 orang. Kebanyakan sudah sembuh dan keluhannya ringan. Tak diare dan tak muntah lagi. Mereka sudah pada kerja. Kalau yang dirawat masih ada 2 orang atasnama Windi dan Tati,” sambungnya.

Terang dia, gejalan keracunan yang dialami warga ini adalah mual, muntah dan diare.

Menurut keterangan para korban mereka merasakan gejala tersebut setelah mengkonsumsi makanan dari acara syukuran rumah.

WARGA KAWALU KERACUNAN NASI DUS
Tim Medis memeriksa kondisi korban keracunan yang mulai sembuh. Istimewa/ radartasikmalaya.com

“Makanannya di nasi kotak itu ada telor balado, ayam bakar, sambel goreng kentang dan lain-lain. Tapi kata mereka yang mulai sakit itu pas sudah makan telor itu mereka merasakan gejala ini,” terangnya.

Dia menambahkan, saat ini sample makanan yang diduga sumber dari keracunan massal telah dibawa semalam ke Labkesda di Bandung, dan hasilnya nanti baru diketahui sekitar semingguan.

Sementara itu, Herman, pemilik rumah yang kemarin menggelar syukuran mengakui bahwa nasi kotak tersebut dipesan dari katering langganannya.

Dia sudah lebih dari 2 kali memesan nasi kotak tersebut dan tak pernah ada masalah.

“Ya memang ada syukuran rumah saya kemarin siang jam 13.00 WIB sampai jam 14.00 WIB. Yang hadir kurang lebih 100-an. Yang diundang warga lingkungan sekitar rumah dan warga Perum Batara,” tuturnya.

Dirinya mengetahui banyak warga yang hadir di acara syukuran rumahnya itu mengalami gejala keracunan tadi malam dari pihak RW dan Babinsa.

Jelas dia, makanan itu tiba di rumahnya 3 jam sebelum acara syukuran.

“Semua keluarga saya juga mengkonsumsi nasi kotak itu. Tapi Alhamdulillah keluarga saya tak ada yang reaksi. Tapi saudara saya di Singaparna yang bereaksi dan ponakan juga,” jelasnya.

(rezza rizaldi)

Berita terkait : Tengah Malam, 22 Ibu-ibu & Bapak-Bapak Warga Karsamenak Kawalu Tasik Muntah-Muntah, Diduga Keracunan..
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.