Warga Kelurahan Mekarsari Menanti Perbaikan Kirmir

28

BANJAR – Hampir dua bulan kirmir di Sungai Cibeber Gang Cibeber RT 03 RW 04 Kelurahan Mekarsari Kecamatan Banjar (Perbatasan Desa Binangun Kecamatan Pataruman) yang amblas dibiarkan. Amblasnya kirmir dan jalan ini terus meluas.

“Ini kebangetan tidak ada upaya sama sekali dari pemerintah untuk memperbaikinya. Benar-benar dibiarkan seperti ini. Biasanya kalau ada korban jatuh baru mereka respon, alasannya anggaran. Lagu lama,” kata Abdul Sakur warga sekitar Minggu (17/3).

Ia juga mengkritisi pemerintah kelurahan dan desa yang tak mau menggerakkan warganya untuk bergotong-royong menangani kerusakan. “Warga kalau ada yang menggerakkan pasti mau,” ujarnya.

Endin (50), warga lainnya meminta pemerintah desa dan kelurahan hingga kecamatan aktif menangani kerusakan. Sehingga dinas juga tak tinggal diam.

“Ya semua juga nunggu anggaran sama aja. Tapi kan di lapangan beda Kang, kalau sudah ada korban apa ada yang mau bertanggung jawab?” tegasnya.

Kepala Bisang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPRPKP Kota Banjar Harun Alrasyid meminta warga bersabar. Pihaknya berjanji akan segera memperbaiki kerusakan itu dengan anggaran pemeliharaan tahun ini.

“Tenang saja itu (kirmir amblas) pasti diperbaiki. Itu sudah masuk rencana perbaikan kok tahun ini. Hanya saja nunggu waktunya, kan anggaran belum turun. Soal kapan akan mulai ditangani, saya belum bisa menjanjikan. Nanti saya repot lagi ditagih janji oleh warga,” kata Harun.

Awang Sungkawa (57), warga Kampung Sumanding Wetan Kelurahan Mekarsari Kecamatan Banjar mengatakan ambruknya kirmir yang pertama sepanjang lima meter pada 25 Januari.

Kemudian ambruk lagi sepanjang 15 meter, termasuk besi pengaman seminggu berikutnya setelah kejadian yang pertama.

“Itu sudah ada yang jatuh pas lewat jalan itu malam hari. Cuma tidak parah dan tidak sampai ramai. Tapi meski begitu kita tetap berharap itu segera diperbaiki. Inisiatif warga sudah dilakukan dengan mengumpulkan batu konstruksi kirmir yang ambruk di dasar sungai dikumpulkan untuk menahan tanah yang jebol”. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.