Warga Kota Banjar Harus Lapor Jika tak Dapat Bansos Covid-19

1287
20
BANTUAN SOSIAL. Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih secara simbolis menyerahkan bantuan sosial tunai kepada salah satu warga Rabu (13/5).
BANTUAN SOSIAL. Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih secara simbolis menyerahkan bantuan sosial tunai kepada salah satu warga Rabu (13/5).

BANJAR – Kapusdalop Tim Gugus Covid-19 Kota Banjar Ade Setiana menegaskan masyarakat tidak mampu dan penghasilannya terdampak oleh Covid-19 dan belum mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah agar secepatnya laporan ke RT di lingkungannya.

Nanti RT harus melaporkan ke pemerintah desa kamudian pihak desa melanjutkan laporan ke Dinas Sosial Kota Banjar.

“Laporan dari lapangan bahwa ada masyarakat yang belum terdata, kemudian sudah terdata tapi belum mendapatkan bantuannya agar secepatnya lapor ke ketua RT-nya. Karena persoalan data saat ini menjadi kendala pemerintah dalam menyalurkan bantuan sosial baik berupa sembako maupun uang tunai,” kata Ade Setiana Rabu (13/5).

Persoalan data, kata Ade, terjadi secara dinamis. Data penerima bantuan kemungkinan terus bertambah seiring dampak buruk terkait ekonomi yang ditimbulkan pandemi Covid-19, juga dampak dari diberlakukannya Pembatas Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Data saat ini pasti dinamis, kami juga terus berupaya untuk memverifikasi secara terus menerus data yang sudah ada dengan kondisi di lapangan. Sejalan dengan pemberian bantuan secara bertahap dari pemerintah,” kata dia.

Baca Juga : Kisruh Data Penerima, Bansos dari Pemprov di Kota Banjar Hanya Tersalurkan 752 dari 2.147 Paket

Sementara itu, kemarin Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih menghadiri launching penyaluran bantuan sosial tunai dari Kementerian Sosial sebesar Rp 1.800.000 per orang yang dibagi secara bertahap untuk tiga bulan di Kantor Pos Banjar.

Wali kota mengatakan penerima bantuan yang merupakan warga terdampak Covid-19 secara ekonomi tidak boleh menerima bantuan double. Sebab bantuan datang dari pemerintah pusat, provinsi dan pemerintah kota.

“Supaya merata dan yang belum mendapatkan bisa kebagian,” katanya.

Pemerintah Kota Banjar sendiri saat ini terkendala penyesuaian data penerima bantuan. Lambatnya proses verifikasi data membuat pembagian bantuan juga tersendat.

Buktinya, dari bantuan gubernur sebanyak 2.147 paket sembako dan uang tunai, baru tersalurkan 752 paket.

“Karena penyaluran bantuan provinsi sendiri datanya sudah di plot dari database di provinsi, bukan pengajuan terbaru yang kita usulkan. Tapi untuk bantuan yang dialokasikan dari APBD Kota Banjar dan Kementerian Sosial itu merupakan data terbaru tahun 2020,” kata Kepala Dinas Sosial P3A Kota Banjar Asep Tatang Iskandar.

3.765 Keluarga Terima Bantuan

Sementara itu, pada ada sebanyak 3.765 dari 5.384 Kepala Keluarga (KK) menerima bantuan sosial tunai (BST) tahap pertama dengan besaran Rp 600 ribu Rabu (13/5).

Sekretaris Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos Idit Supriyatna mengatakan penyaluran bantuan sosial tunai bagi KPM diluar Jabodetabek. Bantuan disalurkan selama tiga bulan, yakni April, Mei dan Juni.

“Saya turun ke lapangan ingin melihat langsung di lapangan proses penyalurannya,” ujarnya.

Dia meminta bantuan diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan hidup, seperti sembako.

“Jangan mampir kemana-mana, apalagi beli rokok atau pulsa. Fokus ke sembako,” tegasnya. (cep/nto)

Loading...
loading...

20 KOMENTAR

  1. Saya warga perantau yg ngontrak sdah 1 thn d jln gudang samping kantor TIKI yg erdagang di wilayah taman kota lapang bhakti banjar belum mndapatkn bantuan sdikit pun.pdhal data d RT dan d Paguyuban PKL sdah ada.tpi blom ada konfirmasi ttng bantuan dri pngurus paguyuban pkl juga dri RT stmpat.
    Tlong kami yg perantauan d perhatikan.krna nafkah kami dri berdagang.
    Alamat saya
    Jln Gudang
    Rt 06 Rw 01
    No 153
    (Samping TIKI)
    Ds.Banjar
    Kec.Banjar
    Kota Banjar, 46311 Jawa Barat.
    No Hp 085322323716.

  2. kalau RT/RW nya tidak aktif dan tidak selalu update tentang penerimaan bansos bagaimana cara pengaduannya. Karena RT/RW nya hanya berdiam dan hanya menunggu data dari kelurahan. Dan RT/RW nya juga tidak mementingkan bantuan untuk rakyatnya sendiri. Cara pengaduan seperti ini BAGAIMANA sementara Rakyat sedang Membutuhkannya!!?

  3. Saya ucu sutendi pedagang keliling ke sekolah sekolah belum dapat bantuan dikarenakan sekolah libur dan liburnya juga di perpanjang. Alamat dsn awiluar rt16rw05 kelurahan situbatu kec Banjar kota Banjar

  4. Lapor RT/RW juga percuma saja jika RT/RW tidak aktif menanyakan siapa saja yang dapat dan siapa saja yang belum dapat bantuan. Apabila kasus seperti ini bagaimana lapornya. Kalau RT/RW nya aktif yaaa bagus lah, tapi kalau RT/RW nya tidak aktif………gigit jari saja. Kecemburuan sosial sudah pasti ada dan nantinya rakyat bisa saling sikut menyikut gara gara bantuan covid 19 tidak merata. Sedangkan bantuan covid 19 sudah seharusnya tersalurkan ..lokasi di LINGKUNGAN CIPADUNG RT 12 RW 05 KELURAHAN PURWAHARJA KECAMATAN PURWAHARJA KOTA BANJAR, LEBIH TEPATNYA DI JLN SMKN 2 BANJAR

  5. ko di lingkungan panatasan hanya bbrpa orang terpilih yng pendapatkan bantuan pdhal smua orang juga terkena dampak covid 19 tolong di perhatikan

  6. Saya blm pernah di data dri awal padahal tetangga saya yang lbh mampu dah dapat bantuan menurut saya klo lapor rt/ rw sama aja bohong

  7. sdah lapor ke rtrw alasan pindah alamat sedangkan rt pindahan tdk aktiv tidak ad pendataan..sampai saat ini blm menerima bantuan apapun .bst.pkh maupu bansos covid19
    lokasi desa argasari kec.cihideung kota tasikmalaya
    no.hp 085322012669

  8. Mhon maaf sepertinya bantuan tunai yang nominal 600rbu di sebuah dusun bantuan kurang tepat sasaran karna mampuh dan masih muda mendapak bantuan sedangkan lansia dan janda tidak mendapatkanya???untuk pengurus lingkungan dan desa tolong di tindak lanjut???
    Karna bantuan buat masyarak yg kurang mampuh terimakasih

  9. Untuk pengurus Rt dan Rw yang bersakutan di dusun tersebut segera bertindak agar masyaraka yang kurang mampuh dan lansi bisa mendapakan bantuan dari pemerintah ,karna pemerinta menyalurkan bantuan dengan jumlah cukup besar,jangan yang mampuh di kasih tapi yang “tidak mampuh tidak mendapakan”.
    Pihak Rt & Rw cukup mendata dan lapor desa nantinya desa yg akan menidaklajut???
    Tolong untuk pengurus lingkungan lebih bijak dan komperatis pada masyarakat yang kurang mampuh ,janda & lansia
    Terimakasih semoga ada perubahan dan tindak lanjut dari pihak terkaiy

  10. Mf sy mau brtanya apakah bansos diberikan kepada smua warga atw hanya buat beberapa orang saja.krna di daerah sy hanya beberapa orang saja yg dpt.alhamdulilah smpe skrg sy sndiri pun ga prnh dpt bantuan darimana2 pdhl sy jg kena dampaknya dri awal adanya covid 19 sy diberhentikan kerja sampe skrg tnpa uang pesangon.posisi sy janda anak byk apa sy g berhak dpt y pak/ibu.pdhl kk sama ktp udah dikumpulin bareng2 bhkn sampe minta no tlp untuk dicantumkan.tp sampe skrg g ada bantuan apapun.sampe sy jujur sangat kerepotan biat penuhi kebutuhan kluarga juga anak2 apalagi punya anak kecil yg harus beli susu.sementara krja diberhentikan bantuan pun ga ada.mohon kebijakan nya karna disini masih byk yg blm dpt bansos

  11. Kami warga asli kelahiran muktisari langensari dan belum pernah dapat bantuan apapun apalagi terdampak covid 19 intinya pendataan kurang tepat..

  12. Saya dari Desa Mulyasari dusun sukamaju rt 10 rw 06, saya mendengar hanya ada 2 orang yg mendapat bantuan dari ousat yg 600 1 org dan dari jawa barat 1 org itu jga ada dlm msih satu kluarga hanya sudah misah kk. Yang saya pertanyakan hampir semua terdampak cooid 19 knapa yang dapat hanya 2 orang. Mohon di kaji dan di tindak lanjutkan oleh pemerintah kota. Dan saya masih sangsi dengan data penerima di lingkungan saya. Jangan samapi hak masyarakat nyangkut di pohon kelapa.
    Terimakasih mohon di kaji kembali.

  13. Saya dari Desa Mulyasari dusun sukamaju rt 10 rw 06, mohon untuk di kaji ulang dan di teliti penerima bantuan di di lingkungan tersebut.
    Terimakasih mohon di kaji kembali.

  14. Mohon ijin saya dari dusun margaluyu rt002 rw 007 desa mulyasari pataruman kota banjar saya tidak mendapatka dana bansos kota, propinisi hanya me dapatkan bansos pemerataan desa saja mohon di tindak lanjuti trims

  15. Saya dan warga dusun kedungwadas citangkolo khususnya rt 05/02 desa Kujangsari, sama sekali tidak pernah menerima bantuan apapun dari pemerintah desa, kota, provinsi, maupun pusat, semenjak ada pandemi covid19 sampai sekarang

  16. Bantuan tidak merata dan tebang pilih,serta tidak terbuka nya data kepada masyarakat
    Semua masyarakat jg kena dampaknya
    Katanya bantuan banyak tipe nya tapi nyatanya banyak yg gak dapat hanya orang2 tertentu yg di sukai oleh RT RW nya
    Tolong di tinjau lagi untuk pembagian bantuan bnr2 merata atau tidak nya
    Percuma lapor RW jg
    Bisa di tinjau lagi
    Sya dusun Sindangmulya rt02 RW 11
    Desa Kujangsari
    Kecamatan Langensari
    Kota Banjar
    Kode pos 46324
    Silahkan di lihat datanya kembali
    Salam damai dan keadilan
    Mohon maaf jika kata2 saya ada yg salah

  17. Saya warga parunglesang rt 02 rw 07 mohon untuk di cek langsung ke lokasi karena bantuan tidak tepat sasaran janda dan jompo dan yg memang benar2 membutukan malah tidak dapat bantuan sedangkan orang yang usahanya lancar kontrakan nya banyak mobilnya mewah malah dapat bantuan berkali2

  18. ini seperti judi , untung untungan saja.
    yg dapat bantuan dobel dobel banyak
    yg dapat beras butut sama duit cepek banyak
    yg ga kebagian banyak
    RT RW KADUS BPD KADES cuma muhun muhun wungkul
    mending ikhtiar sendiri aja
    toh duit kitu mah hilangnya juga gampang

  19. Di citangkolp kel kujangsari yg dapet cuma yg dekat sama kluarga perangkat desa bahkan satu kluarga ktua rt semua dapet yg lain nol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.