Warga Kota Banjar Menanti Hasil Kerja KPK

335
0
Sidik Firmadi Pemerhati pemerintahan

BANJAR – Masyarakat berharap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera menuntaskan penyidikan terkait dugaan tindak pidana korupsi pembangunan infrastruktur di Dinas PUPR Kota Banjar tahun 2008 sampai 2017.

“Kita menunggu hasil kinerja KPK. Sudah penasaran karena pengungkapannya sudah hampir satu bulan sejak dimulai penggeledahan,” ungkap Mukhlis, warga Kecamatan Banjar Minggu (9/8).

Warga Pataruman Mulyana berharap pemeriksaan dapat dituntaskan KPK. “Iya semoga secepatnya, supaya pemerintahan di Banjar tidak terganggu, karena dengan adanya KPK ke Kota Banjar, tidak sedikit para pejabat yang ikut cemas, sehingga akan mengganggu terhadap kinerjanya di pemerintahan Banjar sendiri,” ujarnya.

Warga lainnya, Aan pun khawatir dengan penyidikan dan pemeriksaan saksi-saksi yang sebagian besar adalah pejabat aktif di Pemkot Banjar mengganggu roda pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat.

“Soal siapa nantinya yang menjadi tersangka, itu kita serahkan ke KPK karena mereka juga bekerja professional. Hanya saja kita berharap persoalan dengan KPK ini segera tuntas agar pemerintahan di Kota Banjar tidak terganggu,” kata Aan, warga Banjar.

Baca juga : Suami Wali Kota Banjar Penuhi Panggilan KPK

Loading...

Sementara itu, pemerhati pemerintahan Sidik Firmadi melihat apa yang dilakukan KPK serius dan agresif dalam menyelidiki dugaan kasus korupsi di Kota Banjar. Maka, kata dia, perlu diberikan apresiasi dan terus didorong oleh berbagai elemen masyarakat, sehingga KPK dapat menyelesaikan kasus tersebut dengan baik dan orang atau oknum yang terbukti melakukan tindak pidana korupsi dapat dijerat dengan hukum yang berlaku.

“Namun disisi lain, kasus hukum utamanya dugaan tipikor sangat menyita waktu dan tenaga dalam proses penyelidikannya, sehingga saran saya Pemerintah Kota Banjar perlu mewaspadai dan mengantisipasi agar pelayanan kepada masyarakat dan proses penyelenggaraan pemerintahan di Kota Banjar tidak terganggu serta tetap kondusif,” katanya.

Hal itu penting, kata dia, karena tidak menutup kemungkinan ke depan akan ada pejabat atau ASN di Kota Banjar yang kembali dipanggil KPK untuk dimintai keterangan, mengingat dugaan kasus korupsi tersebut masih terus diselidiki oleh KPK.

Baca juga : Dugaan Korupsi di Kota Banjar, Kamis 06/08, KPK Periksa Orang-orang Ini..

Salah satu bentuk antisipasi yang dapat dilakukan Pemerintah Kota Banjar, yakni dengan cara melakukan koordinasi bagi para pejabat yang dipanggil oleh KPK, sehingga kemudian tugas pejabat tersebut bisa didisposisikan kepada pejabat atau pegawai lain, sehingga tidak mengganggu pelayanan kepada masyarakat.

“Saya berharap Pemerintah Kota Banjar bersikap kooperatif dengan mendukung adanya penyelidikan yang dilakukan oleh KPK, karena negara kita adalah negara hukum, sehingga sudah sepatutnya setiap upaya penegakan hukum apalagi terkait kasus korupsi harus didukung secara penuh,” katanya.

Juru Bicara KPK Bagian Penindakan Ali Fikri sebelumnya mengatakan pemanggilan saksi untuk dimintai keterangan dihentikan sejak Jumat (7/8). Penyidik KPK tengah menganalisa hasil keterangan dari para saksi yang sudaj dipanggil sejak Selasa (4/8) hingga Kamis (6/8).

“Mulai minggu depan (pekan ini, Red) mulai pemeriksaan lagi. Penyidik saat ini sedang menganalisa hasil pemeriksaan terhadap saksi-saksi yang sudah memberikan keterangan,” kata Ali Fikri. (cep)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.