Warga Kota Tasik Diimbau Patuhi Protokol Kesehatan & Sayangi Keluarga

136
0
AYO PAKAI MASKER. Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya membagikan ribuan masker untuk mencegah penyebaran virus corona di Taman Kota Tasikmalaya beberapa waktu lalu. Fatkhur Rizqi/Radar Tasikmalaya
AYO PAKAI MASKER. Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya membagikan ribuan masker untuk mencegah penyebaran virus corona di Taman Kota Tasikmalaya beberapa waktu lalu. Fatkhur Rizqi/Radar Tasikmalaya

TASIK – Penyebaran virus corona sudah banyak bermunculan berasal dari klaster keluarga. Maka dari itu, masyarakat jangan mengendorkan kedisiplinan untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Unsil Dr Asep Suryana Abdurrahmat SPd MKes mengingatkan, masyarakat tidak boleh menyepelekan wabah virus corona. Apalagi, angka kasus positif corona di Kota Tasikmalaya terus meningkat. Kesadaran bersama menjadi modal penting dalam mengatasi Covid-19.

“Bagi para masyarakat, khususnya remaja seyogianya mematuhi protokol kesehatan. Dengan menggunakan masker, sering mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer serta menjaga jarak dengan orang lain,” katanya kepada Radar Tasik, Kamis (1/10/2020).

Dia menyarankan masyarakat untuk mengurangi bepergian ke tempat umum atau berekreasi yang bukan merupakan kebutuhan urgen.

Di tempat-tempat umum tidak ada jaminan bahwa tempat tersebut aman dari Covid-19. Penyebaran virus bisa terjadi di antara teman atau pengunjung yang terinfeksi tetapi tanpa memperlihatkan gejala.

“Jangan sampai setelah kita pulang ke rumah dengan perasaan aman dan nyaman padahal sudah terpapar virus Covid-19. Sehingga menularkan kepada orang-orang tercinta di sekitar kita,” ujarnya.

Meski berada di tengah-tengah wabah Covid-19, Dr Asep meminta masyarakat untuk tidak terlalu panik. Kepanikan yang berlebihan akan mengganggu daya tahan tubuh. Menjaga daya tahan tubuh sangat penting untuk mempertahankan diri dari serangan virus corona.

“Ketika sudah berusaha, diikuti dengan berdoa agar kita selamanya sehat. Selebihnya kita serahkan pada Tuhan,” ujar dia.

Koordinator Bidan Puskesmas Tamansari Kota Tasikmalaya Hj Dede Siti Hasanah SST mengimbau masyarakat untuk selalu melaksanakan tiga M: memakai masker, menjaga jarak atau menghindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan sabun.

“Jangan sampai abai nanti menyesal. Selain membahayakan diri sendiri juga bisa keluarga. Maka dengarkan pesan orang tua untuk terus menaati protokol kesehatan,” kata dia.

Presiden Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya Muhammad Rikza Kirana mengajak masyarakat untuk mematuhi kebijakan pemerintah dan menjalankan pedoman protokol kesehatan yang baik dan benar.

Orang tua juga diharapkan mengarahkan anak-anaknya untuk belajar di rumah dan tidak membiarkan mereka pergi bermain keluar atau nongkrong di tempat kerumunan.

“Mohon ikuti peraturan dari pemerintah demi kebaikan bersama dalam ikut menekan angka Covid-19,” tutur dia.

Khusus untuk para remaja, dia berpesan, cara berbakti kepada orang tua adalah selalu menjaga kesehatan mereka. Dengan demikian, patuhilah imbauan untuk tetap berada di rumah.

“Siapa tahu ketika pulang rumah membawa virus Covid-19. Orang tua bisa rentan terpapar penyakit tersebut tanpa disadari,” ujarnya. (riz)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.