Warga Minta Jembatan Bangbayang Cibalong Garut Diperbaiki

35
0
Istimewa RUSAK. Jalan dan Jembatan Bangbayang di Desa Mekarsari Kecamatan Cibalong rusak. Jalan dan jembatan itu rusak akibat banjir bandang pada Oktober 2020. Saat ini jembatan dan jalan belum tersentuh perbaikan.

CIBALONG – Warga Desa Mekarsari Kecamatan Cibalong meminta Pemerintah Kabupaten Garut segera memperbaiki Jembatan Bangbayang. Jembatan tersebut rusak akibat banjir bandang yang terjadi pada Oktober 2020.

Saat ini, kondisi Jembatan Bangbayang dengan panjang 50 meter tersebut rusak dan rawan ambruk ketika terus dilalui kendaraan.

“Jembatan ini akses satu-satunya warga di RW 09 Desa Mekarsari. Sekarang kondisinya sudah rusak dan belum tersentuh perbaikan dari pemerintah,” ujar Jejem (30), warga RW 09 Desa Mekarsari Kecamatan Cibalong kepada wartawan melalui saluran teleponnya, Senin (4/1).

Jejem mengatakan sebelum diterjang banjir bandang, Jembatan Bangbayang kondisinya sudah mengalami kerusakan. Saat diterjang banjir, kondisinya lebih mengkhawatirkan.

Baca juga : Sehari, 70 Warga Garut Positif Covid-19, Total 3.956 Orang

Warga, lanjutnya, ketakutan jembatan akan ambruk saat dilalui. Alas jembatan yang terbuat dari kayu pun sudah terlihat bolong dan tak kuat menahan beban berat. “Besi penghalang jembatan juga sudah rusak,” katanya.

Selain jembatan, lahan pesawahan kini berubah menjadi aliran sungai pascabanjir bandang. Ia berharap pemerintah bisa segera melakukan perbaikan jembatan dan normalisasi Sungai Ciawi.

Kepala Dusun Bangbayang Ahmad Safari mengatakan selain jembatan akses jalan utama dari Bangbayang menuju kantor Desa Mekarsari dan Kecamatan Pameungpeuk juga rusak.

“Ada kerusakan jalan sepanjang 25 meter yang berada di dekat jembatan. Sampai sekarang belum ada tanggapan dari pihak terkait atau pemerintah soal perbaikan jembatan dan jalan ini,” ujar Ahmad.

Menurutnya, jalan dan jembatan yang rusak itu jadi satu-satunya akses utama yang biasa digunakan warga. Tak ada akses jalan lain di Kampung Bangbayang.

“Keluar-masuk Bangbayang itu jalannya hanya ini. Tidak ada jalan lain. Makanya kami berharap bisa segera ada perbaikan yang dilakukan,” paparnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.