Warga Minta Kejelasan Proyek Air Baku Balokang Patrol Kota Banjar

38
0
BANGUNAN. Intake Balokang Patrol dipenuhi rumput liar. BBWS Citanduy rencananya akan meneruskan proyek Balokang Patrol tahun depan. Cecep herdi / radar tasikmalaya
BANGUNAN. Intake Balokang Patrol dipenuhi rumput liar. BBWS Citanduy rencananya akan meneruskan proyek Balokang Patrol tahun depan. Cecep herdi / radar tasikmalaya
Loading...

BANJAR – Proyek Air Baku Balokang Patrol di Desa Jajawar Kecamatan Banjar dikabarkan berlanjut. Namun warga sekitar meminta kejelasan soal rencana reaktivasi pipa distribusi air dari intake Balokang Patrol ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Desa Situ Batu itu.

Warga menuntut BBWS Citanduy dan rekanan melakukan sosialisasi dan kejelasan risiko atau dampak yang ditimbulkan dari proyek pipa tersebut.

“Pembangunan pipa ini kan awalnya sudah dipasang tahun 2014, namun hasilnya tidak sesuai harapan. Akhirnya diganti lagi dengan pipa yang baru, yang kabarnya akan dipasang dalam waktu dekat. Kami meminta sosialisasi yang jelas karena dari pemasangan ini banyak rumah atau warga yang akan terdampak gangguan penggalian pipa,” kata salah satu masyarakat Desa Jajawar Bhira Tawado di Desa Jajawar, Jumat (5/2/2021).

Pihaknya berharap pemasangan pipa kali ini bisa menghasilkan manfaat air bersih bagi warga sekitar dan wilayah yang terjangkau aliran pipa air bersih nantinya. Sebab, kata dia, selama pembangunan Balokang Patrol dari tahun 2014, belum pernah ada manfaat sesuai tujuan dibangunnya, yaitu masyarakat mendapat pasokan air.

“Kami berharap dengan proyek pemasangan pipa ini ada pasokan air bersih untuk masyarakat. Karena selama ini proyek Balokang Patrol tidak bisa digunakan sesuai tujuan dan fungsi pembangunannya,” kata dia.

loading...

Kepala Desa Cibeureum Yayan Sukirlan mengatakan di desanya ada sekitar 60 lebih rumah tangga yang akan terlewati proyek pemasangan pipa jalur air baku Balokang Patrol. Pihaknya mendukung pemasangan itu, namun harus memperhatikan dampak proyek terhadap masyarakat yang terlewati jalur pemasangan pipa.

“Kami dari pemerintah desa mendukung karena pasokan air bersih itu sangat diharapkan sekali oleh masyarakat. Desa Cibeureum sekitar 2 kilometer untuk galian jalur pipa ini. Untuk dampak gangguan kami berharap ada sosialisasi juga dari pihak pelaksana dan BBWS,” katanya.

Baca juga : Ada Penambahan Ketinggian Tower Tanpa Izin di Kujangsari Kota Banjar, Perda Dikaji Ulang..

Sementara itu, belum ada keterangan resmi dari BBWS Citanduy soal pemasangan pipa baru itu. Namun pelaksana proyek, PT Melinda Pratama Putra, Yoga Aditama, perusahaan yang memenangkan tender reaktivasi pipa mengatakan, sosialisasi kepada masyarakat di tiga desa dan satu kelurahan akan segera dilakukan dalam waktu dekat.

“Pertemuan dengan perwakilan masyarakat dan kepala desa ini untuk membahas tempat dan waktu pelaksanaan sosialisasinya. Pasti akan kita laksanakan, saat ini baru koordinasi untuk waktu dan tempatnya,” kata dia usai pertemuan dengan warga kemarin.

Terpisah, Ketua Komisi II DPRD Banjar Jojo Juarno mengatakan pembangunan Balokang Patrol dan IPA Situ Batu belum bisa memproduksi air bersih yang langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Padahal itu dibangun sekitar tahun 2014/2015. Sudah hampir satu dekade, manfaat dari dua pembangunan itu belum juga dirasakan warga.

“Sekian lama dibangun belum ada manfaat untuk masyarakat padahal masyarakat sangat membutuhkan terkait dengan air, apalagi kalau sudah memasuki musim kemarau,” katanya. (cep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.