Warga Pangandaran Cari Kerja ke Luar Kota

77
0
CARI PERUNTUNGAN. Warga Pa­ngan­dar­an akan berangkat menuju perkotaan di Pul Budiman Minggu (16/6). (Deni Nurdiansah / radartasikmalaya.com)

PANGANDARAN – Usai Lebaran, banyak warga Pangandaran yang pergi ke luar kota untuk bekerja atau menempuh pendidikan formal.

Kabid Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja Industri dan Transmigrasi Kabupaten Pangandaran Ade Suprianto mengatakan jika melihat permintaan kartu kuning dalam satu minggu terakhir, diketahui banyak masyarakat yang pergi ke luar kota untuk bekerja.

”Memang banyak sekali yang membuat kartu kuning, dengan tujuan bekerja ke luar daerah. Dengan tujuan Jakarta, Bandung dan lain-lain,” ujarnya kepada Radar, Minggu (16/6).

Menurut dia, para pencaker tersebut rata-rata lulusan SMA sederajat dan lulusan SMP. ”Kuliahan juga ada tapi tidak terlalu banyak,” ucapnya.

Fenomena masyarakat yang pergi ke luar daerah untuk bekerja, memang menjadi sebuah tradisi di Pangandaran. ”Mungkin ada yang ikut keluarganya ke kota, atau berinisiatif sendiri, “ jelasnya.

Ia menuturkan pencaker lulusan SMA sederajat biasanya melamar ke parbik, minimarket atau perkantoran. Sedangkan lulusan SMP biasanya melamar pekerjaan ke pabrik atau garmen. ”Tergantung kualifikasi pendidikanya,” ucap dia. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.