Warga Pasar Ikan Pangandaran Temukan Proyektil Peluru di Bunker

43
0
istimewa. TEMUKAN. Iwan Setiawan, warga menunjukkan proyektil dan selongsong peluru yang ditemukannya.
istimewa. TEMUKAN. Iwan Setiawan, warga menunjukkan proyektil dan selongsong peluru yang ditemukannya.
Loading...

PANGANDARAN – Warga Blok Pasar Ikan Desa Pangandaran menemukan proyektil di bungker peninggalan Jepang Bukit Pasir Putih Pangandaran. Warga tersebut adalah Iwan Setiawan (32), seorang pekerja serabutan yang mencari logam di kawasan Pantai Pangandaran.

“Saya menemukan proyektil itu dengan menggunakan metalic detector, waktu itu sedang nyambi kerja mencari gelang emas milik warga,” katanya saat di hubungi Minggu (20/12).

Ia pun segera melapor kepada polisi khusus Balai Penelitian Cagar Budaya Pangandaran, kemudian menyerahkan proyektil tersebut. “Saya serahkan karena benda ini pasti sangat penting dan berharga,” ungkapnya.

Baca juga : Warga Kalipucang Pangandaran Berburu Ikan di Lokasi Banjir

Sebelumnya, ia juga menemukan tiga buah selongsong peluru, juga saat mencari logam mulia. “Memang disini sering ditemukan benda-benda yang diduga peninggalan perang dulu,” ujarnya.

Loading...

Juru Pelihara Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Pangandaran Abdul Rosid mengatakan jumlah barang yang ditemukan itu diantaranya satu buah proyektil dan tiga selongsong peluru. “Untuk sementara diamankan dulu disini,” ungkapnya.

Dugaan sementara barang yang ditemukan itu adalah peninggalan tentara Jepang pada masa Perang Dunia 2. Karena ditemukanya juga dekat bungker Jepang. “Ya baru dugaan dan harus diteliti lebih lanjut,” ujarnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.