Warga Cibalong dan Bojongasih Patungan Bangun Jalan

500
ISTIMEWA RUSAK. Kondisi Jalan Cibalong-Bojongasih rusak sebelum diperbaiki warga secara swadaya.

CIBALONG – Warga Kecamatan Cibalong dan Bojongasih patungan membangun jalan rusak sepanjang 200 kilometer. Hal itu diungkapkan Kepala Dusun Girijaya Kecamatan Bojongasih, Yana Suryana saat dihubungi Radar, Kamis (14/3).

Kata dia, jalan berstatus milik Kabupaten Tasikmalaya ini sudah dua tahun belum diperbaiki. Padahal, aktivitas warga di jalan tersebut cukup padat. Sehingga, dengan kondisi seperti ini menghambat. “Warga kecewa kepada pemerintah yang tak kunjung memperbaiki jalan ini. Akhirnya, semuanya sepakat untuk patungan membangunnya,” paparnya.

Jelas dia, perbaikan jalan dilakukan oleh warga dari Desa Bojongasih, Desa Sindangsari, Desa Girijaya Kecamatan Bojongasih serta Desa Eureunpalay Kecamatan Cibalong. “Mereka yang memiliki kendaraan dikumpulkan di kecamatan dan diberikan penjelasan. Jadi apabila ada yang mau menyumbang nominalnya tidak ditentukan, tapi sukarela,” katanya.

Lanjut dia, hasil kesepakatan tersebut banyak warga yang memberikan bantuan mulai dari Rp 500.000 sampai 1 juta. Bahkan ada juga yang menyumbang bahan-bahan material. “Dengan demikian jalan ini bisa selesai diperbaiki dengan waktu yang tidak lama,” katanya.

Ujang Aziz, warga setempat mengatakan apabila tidak diperbaiki akan membahayakan pengendara. Mengingat, kondisi jalan ini tanjakan dan turunan. “Jadi warga mengambil langkah cepat dengan bergerak swadaya memperbaikinya, sebelum jatuh korban,” bebernya.

Sebelum perbaikan, kata dia, warga sudah mengusulkan kepada pemerintah daerah, melalui desa dan kecamatan terkait rusaknya jalan ini. Namun, sampai selesai diperbaiki warga, belum ada respons. (obi)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.