Warga Sambungjaya Menabung Pakai Sampah

74
0
TIMBANG SAMPAH. Warga tengah menimbang sampah rumah tangga yang diserahkan di halaman rumah Ketua RT 11 Marjo Suwito di Dusun Sambungjaya Desa Sukahurip Kecamatan Pamarican, Minggu (30/6). Iman S Rahman / Radar Tasikmalaya
Loading...

PAMARICAN – Masyarakat di Lingkungan RT 11 RW 05 Dusun Sambungjaya Desa Sukahurip Kecamatan Pamarican memanfaatkan sampah rumah tangga untuk dijual dan ditabung.

Ketua RT 11 Marjo Suwinto menerangkan, biasanya masyarakat membuang sampah itu ke sungai atau dibakar. Namun, sejak sebulan ke belakang, warga bermusyawarah untuk memanfaatkan sampah menjadi pendapatan. Akhirnya, warga menabung sampah yang bisa diuangkan di rumahnya masing-masing. Setelah terkumpul sampah tersebut dijual.

“Alhamdulillah ternyata dengan cara begitu efektif nabung sampah dan dapat uang juga, sehingga program ini akan kami teruskan, karena menguntungkan masyarakat juga dan semua menyambut baik,” tutur Marjo, Minggu (30/6)

Menurut dia, warga yang menjadi nasabah di bank sampah yang dikelolanya akan mendapatkan uang sesuai dengan banyaknya sampah yang ditimbang. Uang tersebut dimasukkan ke dalam buku tabungan milik masing-masing. Rutinitas tersebut dilakukan oleh warga setiap dua minggu sekali. “Kami bersyukur tabungan sampah ini semakin hari, semakin diminati oleh warga. Setiap dua minggu sekali, semakin banyak warga yang membawa karung sampah untuk ditimbang datang ke rumahnya,” kata dia.

Salah seorang warga, Yayan Riyana (34) menerangkan kehadiran tabungan sampah ini dirasakan sangat memberikan dampak cukup baik terhadap lingkungan. Sampah tidak lagi dibuang sembarangan, tapi dikumpulkan dan menghasilkan uang. Tabungan sampah itu bisa mencukupi kebutuhan jajan anak. Warga sangat senang dengan program tabungan sampah tersebut. “Jadi sekarang masyarakat lebih peduli sampah. Lumayan dikumpulkan jadi tabungan serta menjadi tambahan penghasilan sehari-hari,” kata dia. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.