Warga Serahkan Hewan Langka

1
SERAHKAN KUKANG. Anang Kusnadi menyerahkan kukang kepada petugas BKSDA Jawa Barat wilayah V Garut di rumahnya Jumat (25/8).

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TAROGONG KIDUL – Anang Kusnadi, warga Perum Pesona Intan Blok E5 RT 1/11 Desa Sirnajaya Kecamatan Tarogong Kaler menyerahkan hewan kukang jawa (nycticebus javanicus) temuannya ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat wilayah V Garut, Jumat (24/8).

Anang mengaku penyerahan hewan dilindungi ini karena setelah satu bulan ditemukan di dekat rumahnya tersebut belum ada orang yang mencarinya.

“Saya temukan kukang ini sebulan yang lalu di dekat rumah,” paparnya saat dihubungi Rakyat Garut Jumat (24/8).

Sebelum diserahkan kepada BKSDA, Anang merawat hewan langka ini selama satu bulan. Itu untuk menunggu pemilik hewan tersebut. Dia menduga hewan langka ini kabur dari sang pemilik.

“Karena tidak ada yang nyari, akhirnya saya menyerahkan ke BKSDA,” paparnya.
Dia mengaku berani menangkap kukang yang sedang

bergelantungan di atas kabel dekat rumahnya ini, karena dirinya peduli terhadap hewan langka ini.

“Kalau tidak saya amankan, ditakutkan diburu sama orang yang tidak bertanggung jawab,” terangnya.

Kepala BKSDA Wilayah V Garut Purwanto mengapresiasi penyerahan hewan kukang dari Anang kepada BKSDA. Karena hewan ini dilindungi dan terancam punah di Indonesia.

“Saya apresiasi sekali, ada warga yang suka rela menyerahkan hewan langka kepada kami,” terangnya kepada wartawan.

Dia mengatakan, saat ini masyarakat yang tidak tahu tentang pelarangan hewan dilindungi dijadikan peliharaan ini sangat minim sekali. Hal itu terlihat dari beberapa kasus yang ditemukan belakang ini.

“Dari beberapa kejadian yang ditemukan, ternyata warga belum tahu bahwa hewan yang dilindungi tidak boleh dipelihara di rumah,” terangnya.

Dengan minimnya pengetahuan tersebut, kata dia, pihaknya terus melakukan berbagai upaya, salah satunya yakni dengan sosialisasi.

Dari upaya yang dilakukan ini, lanjut dia, ternyata berdampak bagus. Hal itu terlihat dari beberapa waga yang menyerahkan hewan dilindungi yang sudah dipelihara cukup lama kepada BKSDA.

“Alhamdulillah, dampaknya bagus. Terakhir yang ini (penyerahan kukang, red),” ujarnya. (yna)

loading...