Warga Setiawargi Makin Sulit Dapat Air Bersih

150
0
BPBD Kota Tasikmalaya DISTRIBUSI AIR. BPBD Kota Tasikmalaya mulai mendistribusikan air di Kelurahan Setiawargi Kecamatan Tamansari, Rabu (3/7).

TAMANSARI – Ari bersih di Kampung Ciluncat RW 09 Kelurahan Setiawargi Kecamatan Tamansari semakin sulit didapatkan. Sumber-sumber mata air pun sudah kering.

Pengurus Karang Taruna Kecamatan Tamansari Bidang Penanganan Sosial dan Kebencanaan Agus Jarwo menjelaskan, sudah sekitar satu minggu terakhir, warga di kampung tersebut mengalami kesulitan air bersih. “Sumber-sumber air yang biasanya digunakan warga seperti sumur dan lainnya sudah mulai mengering,” tuturnya kepada Radar, Rabu (3/7).

Menurutnya, fenomena itu mulai melanda di beberapa titik wilayah Kecamatan Ta­mansari. Pihaknya saat ini te­rus menampung informasi dalam memetakan titik-titik yang harus segera ditangani. “Kita terus memantau ter­ha­dap pengurus di seluruh ke­lu­rahan supaya intens ber­koordinasi dalam memu­dahkan informasi kaitan ke­sulitan air bersih,” kata dia.

Dia menjelaskan berdasarkan catatan tahun ke tahun, titik yang rawan mengalami kesulitan air bersih seperti Kelurahan Setiawargi, Tamansari, Tamanjaya dan Setiamulya. Namun, sejauh ini baru terjadi kesulitan air di wilayah Setiawargi. “Memang kelurahan lain setiap kemarau panjang pasti kesulitan air. Tetapi untuk saat ini Kelurahan Setiawargi harus diantisipasi, sebab Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bukan kali pertama kirim air ke sini, tapi setiap kemarau,” tutur dia.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya pun mulai mendistribusikan air bersih. Satu tangki berisi 5.000 liter air didistribusikan di wilayah tersebut. “Kami baru memulai pendistribusian. Untuk hari ini dilaksanakan di Kelurahan Setiawargi dan di Kampung Urug Babakan Kawalu masing-masing satu tangki berisi 5.000 liter,” kata Koordinator Pusdalop BPBD Kota Tasikmalaya Harisman. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.