Warga Sidamulih Pangandaran Bersihkan Sisa Material Longsor

12
GOTONG ROYONG. Relawan dan masyarakat di Desa Kalijati Kecamatan Sidamulih dan Pusdalops Penanggulangan Bencana Pangandaran membersihkan material longsor yang menutup jalan Kersaratu-Sidamulih, Rabu (7/11).

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

SIDAMULIH – Relawan dan masyarakat di Desa Kalijati Kecamatan Sidamulih dan Pusdalops Penanggulangan Bencana Pangandaran bahu membahu melakukan pembersihan material longsor yang menutup jalan utama Kersaratu-Sidamulih, Rabu (7/11).

“Material longsor menutup badan jalan sehingga kita inisiatif turun untuk membersihkan material longsor agar akses masyarakat tidak terganggu,” tutur Eri Sumarman, Koordinator Lapangan Tagana Kabupaten Pangandaran kepada Radar.

Dikatakannya, material longsor juga sangat membahayakan sehingga harus benar-benar dibersihkan agar tidak mencelakakan pengendara yang melintas. “Posisi jalan yang terkena longsor menanjak dan berbelok, masih sangat berpotensi longsor tambahan sehingga kita pindahkan material tanah di atasnya,” ujarnya.

Lanjutnya, pembersihan material longsor dilakukan dengan cara manual, dibantu pompa air untuk mempermudah pemindahan material tanah dan batu-batuan. “Harusnya memang pakai alat berat, tapi karena tidak ada yang bergerak, kita kerjakan mengingat akses jalan ini merupakan jalur utama warga,” kata dia.

Eri menambahkan jalur Kersaratu-Kalijati merupakan jalur rawan longsor. Bahkan tahun lalu, memakan korban jiwa.

Asep Tole, anggota Tagana Kalijati sekligus koordinator KSB Kalijati mengatakan anggota KSB bergerak melakukan baksos di beberapa titik longsor. “Selain pembersihan material lonsor di jalan utama, kita juga melakukan pembersihan material longsor di rumah warga yang tertimbun, kami menyampaikan terima kasih kepada Pengurus Forum Koordinasi Tagana Kabupaten Pangandaran yang sudah membantu kami,” ujarnya.(nay)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.