Warga Sidomulyo Santuni Anak Yatim

207
0
istimewa TERharu. Anggota DPRD Kabupaten Pangandaran Sri Rahayu memberikan santunan kepada anak yatim kemarin.

PANGANDARAN – Puluhan anak yatim piatu dan orang tua jompo di Desa Sidomulyo Kecamatan/Kabupaten Pangandaran mendapatkan santunan. Para donaturnya merupakan warga Desa Sidomulyo sendiri dibantu pengusaha dan politisi.
Pengelolaan donasi dari warga dilakukan Paguyuban Husama yakni komunitas warga Sidomulyo yang bergerak di bidang sosial. Tradisi menyantuni anak yatim dan jompo diselenggarakan setiap memeriahkan bulan Muharam.
Ketua Paguyuban Husama Kiai Zuhdi menjelaskan tahun ini pihaknya menerima sumbangan warga sebesar Rp 27.030.300. Ditambah sisa sumbangan tahun lalu, sebesar Rp 20.569.700. Sehingga, jumlahnya mencapai Rp 47.006.000.
“Berdasarkan laporan dari masing-masing dusun, jumlah anak yatim sebanyak 52 orang. Sementara orang tua jompo sebanyak 112 orang,” ungkapnya kepada Radar, Senin (16/10).
Selain memberikan santunan, kata dia, dilaksanakan juga khitanan. “Untuk tahun ini ada dua anak yang dikhitan,” ujarnya.
Dari dana yang terkumpul tersebut, menurut dia, sebesar Rp 24.440.000 untuk santunan kepada 52 anak, Rp 8.400.000 untuk santunan orang tua jompo dan Rp 2.000.000 untuk khitanan dua anak. “Jadi, sisa 12.760.000 itu kita simpan untuk santunan tahun depan,” ungkapnya.
Kepala Desa Sidomulyo Sugiono mengatakan pemberian santunan dilaksanakan rutin setiap tahun. “Ini peristiwa yang bisa dibilang jarang terjadi, tentu saya sangat berbahagia,” ungkapnya.
Dana yang terkumpul dari para donatur tidak digunakan sama sekali untuk penyelenggaraan acara. “Dana penyelenggaraan acara sudah dianggarkan oleh Pemerintah Desa Sidomulyo. Jadi jangan khawatir dana dari para donatur kita sampaikan langsung kepada yang berhak menerimanya tanpa potongan apapun,” ujarnya.
Dalam kesempatan tersebut, dia menyampaikan penghargaan kepada Paguyuban Husama yang menjadi pionir gerakan santunan anak yatim di Desa Sidomulyo sejak 16 tahun lalu.
Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran Iwan M Ridwan, anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Ijah Hartini, anggota Komisi II DPRD Kabupaten Pangandaran Sri Rahayu dan tokoh-tokoh pengusaha seperti Joane Irwan dan Sentot yang telah memberikan dana dalam kegiatan santunan anak yatim piatu di Desa Sidomulyo. (nay)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.