Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.1%

19.5%

7.3%

70.1%

Warga Situ Batu Kota Banjar Butuh Air Bersih

55
0

BANJAR – Warga Kelurahan Situ Batu Kecamatan Banjar sudah mendambakan air bersih. Mereka berharap Instalasi Pengolahan Air (IPA) Situ Batu yang disuplai dari Sarana Air Baku Balokang Patrol bisa difungsikan, supaya masyarakat tidak lagi kesulitan air bersih.
Rata-rata di wilayah itu, setiap musim kemarau, warganya kesulitan air bersih. Sumur-sumur mereka mengering. Mereka hanya mengandalkan air bantuan dari Pemerintah Kota Banjar.

“Sudah lama dibangun untuk pengolahan air bersih, mudah-mudahan bisa secepatnya difungsikan karena masyarakat di Situ Batu sejak lama kesulitan air bersih. Kita gali sumur saja kadang kering kalau musim kemarau,” kata Eti, warga Situ Batu, Kamis (10/9).

Instalasi Pengolahan Air bersih sendiri sudah berdiri lama. Pembangunannya beriringan dengan proyek Sarana Air Baku Balokang Patrol. Namun hingga saat ini belum bisa menyuplai air bersih ke masyarakat melalui PDAM sesuai rencana awalnya.

“Kita berharap yang terbaik dan pembangunannya lancar supaya manfaatnya segera dirasakan masyarakat. Di wilayah kami itu sering kekeringan, saat ini saja air bersih sulit. Wali kota membuatkan sumur bor, airnya bagus tapi kan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan air bersih seluruh masyarakat Situ Batu,” kata dia.

Mantan Direktur PDAM Tirta Anom Kota Banjar Cece Wahyu Gumelar mengatakan pembangunan sarana air baku Balokang Patrol di Desa Jajawar dibangun sebelum dirinya menjabat sebagai direktur PDAM. Namun untuk pembangunan IPA Situ Batu dibangun setelah dirinya menjabat sekitar tahun 2015/2016.

“Balokang Patrol dibangun sebelum saya menjabat direktur. Kalau IPA-nya dibangun yang di Situ Batu dibangunan 2015/2016 setelah saya menjabat direktur. Itu pembangunan bantuan provinsi, pernah di ujicoba tahun 2016/2017 dari intake Balokang ke IPA Situ Batu, belum berhasil,” katanya.

Baca juga : Hasil Swab Test Negatif, Ibu & Anak Warga Desa Raharja Kota Banjar Akhirnya Bisa Pulang

Direktur PDAM Tirta Anom saat ini E Fitrah Nurkamilah berharap sarana air baku Balokang Patrol bisa segera berfungsi supaya pihaknya bisa menyalurkan air bersih ke masyarakat sekitar.

“Mudah-mudahan bisa segera difungsikan ya. Karena sudah ada masyarakat juga yang mendaftar untuk berlangganan air PDAM dari IPA Situ Batu, tapi kan air dari intake Balokang Patrolnya belum bisa menyuplai air ke IPA-nya,” kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Sumber Air Baku Balokang Patrol di Desa Jajawar kini membuka babak baru. Proyek yang dimulai lima tahun lalu dengan menghabiskan anggaran sekitar Rp 18 miliar dari Kementerian Pekerjaan Umum itu akan kembali disuntik anggaran sekitar Rp 16 miliar tahun depan.

Anggaran itu untuk pemasangan pipa baru. Pipa dipasang kembali untuk mengalirkan air baku dari bak penampung Sumber Air Baku Desa Jajawar ke lokasi Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Desa Cibeureum sepanjang kurang lebih 4,69 kilometer.

Pembangunan pipa berdiameter 400 milimeter itu akan dilakukan tahun depan oleh PPK Air Tanah dan Air Baku BBWS Citanduy di jalur pipa yang sudah ada (jalur eksisting).

“Pagu anggaran kurang lebih Rp 16 miliar, diameter pipa yang akan dipasang nanti sekitar 400 milimeter dengan panjang mencapai 4,69 kilometer di jalur eksisting. Rencana pemasangan pada tahun 2021 nanti,” ungkap PPK Air Tanah dan Air Baku BBWS Citanduy Ridwan melalui Humas BBWS Citanduy Asep. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.