Warga Tawang Ancam Somasi Pemkot Tasik Gara-Gara Ini..

10846
16
KK DIPERSOALKAN WARGA
Status perkawinan di KK diisi dengan KAWIN BELUM TERCATAT dipersoalkan warga Kahuripan Tawang Kota Tasik. istimewa untuk radartasikmalaya.com

KOTA TASIK – Taufiq Rahman, warga Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya, mengaku akan mensomasi pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Tasik.

Hal itu dilakukan Taufiq yang mengaku dalam Kartu Keluarganya (KK) pernikahan dirinya tak tercatat.

Padahal, kata dia, KK tersebut telah dibuat sejak lama, akta kelahiran anaknya pun ada bahkan Kartu Tanda Penduduk (KPT) anaknya pun ada.

“Punten, kamana tanggujawab Disduk Kota. Masa pernikahan saya belum tercatat? Teu tanggung jawab Disduk (Dinas Kependudukan) teh. Kudu diganti kadisna. Hampura,” ujar Taufiq yang menghubungi ponsel radartasikmalaya.com, Selasa (11/08) siang.

“Belum lagi sebelumnya kasus nomor NIK di KTP nu kirang waktu pembagian bansos. Ini mah kisruh dan sengkarut data kependudukan Kota Tasik. Bisa terjadi di mayoritas penduduk Kota Tasik pernikahannya tidak tercatat. Luar biasa,” sambungnya.

Dia menduga dalam permasalahan yang sepertinya sederhana ini ada masalah besar yang diduga dalam proyek pengadaan sistem Informasi Teknologi (IT) kependudukan di Kota Tasik.

“Ini harus dibongkar. Saya akan somasi Pemkot terkait hal ini,” tegasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Kota Tasik, Imih Misbahul Munir, mengaku bahwa petugasnya telah mendatangi kediaman yang bersangkutan terkait hal tersebut.

“Jadi begini, sejak tahun 2019 ada aturan. Bahwa dahulu itu kalau yang nikah siri tak diakomodir. Nah mulai tahun 2019 yang nikah siri ada Permendagri yang menyatakan bahwa yang nikah siri diakomodir. Namun dengan catatan,” tuturnya.

Terang dia, catatan dalam Permendagri itu bahwa nikah siri belum tercatat di negara dan jika nikah resmi ada surat nikahnya.

Maka, untuk yang nikah siri dalam keterangan KK-nya disebutnya nikah tak tercatat, kalau yang nikah resmi tercatat dengan melampirkan serta menunjukan nomor surat nikah.

“Jika ingin memperbaiki KK-nya agar tak diberikan catatan itu (nikah tak tercatat) maka tinggal memperlihatkan surat nikahnya ke kami. Yang bersangkutan tadi juga sudah kita datangi ke rumahnya diminta memperlihatkan surat nikahnya tapi tak mau,” terangnya.

Dia menambahkan, padahal hal ini untuk menertibkan data kependudukan.

Karena nikah siri itu legal menurut agama namun tak tercatat di negara. Makanya, diakomodir dalam KK tersebut karena dimunculkan nama suaminya.

“Jika di KK dulu dengan catatan seperti itu tak disebutkan nama ayahanya. Hanya nama anak dan ibunya. Kan itu tak fair. Makanya diperbaiki dimunculkan lah dengan catatan itu. Misalnya ada yang menikah kampung tapi tak ada buku nikah sekarang ini diakomodir dengan catatan itu,” tambahnya.

Jelas dia, jika yang bersangkutan hendak melakukan somasi kepada Pemkot maka salah sasaran.

Harusnya mensomasi ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang mengeluarkan kebijakan tersebut.

“Karena kami di daerah hanya sebagai pelaksana saja,” jelasnya.

(rezza rizaldi)

Soal Status Kawin Belum Tercatat di KK, Begini Kata Kadisdukcapil Kota Tasik..
Loading...
loading...

16 KOMENTAR

  1. hadapi saja pa Kadis, dan berikan solusi kepada mereka untuk kebaikan Warga dan masyrakat Pemerintah Kota Tasikmalaya.

  2. nikah resmi punya buku catatan tapi di kk tetap keterangan tidak tercatat…. pertama bikin kk keterangan yg tercatat di kk semua sudah benar ini ganti kk karena lahir anak ke 2 kok keterangannya berubah jadi “tidak tercatat”.. semua datanya sama dari DISDUK….

  3. Sekarang bikin kk nambah anggota keluarga di kk harus melampirkan surat nikah fungsinya untuk apa ya biar sttus perkawinan di kk kawin tercatat..

  4. Pondaslay info dari mana ya kang imih stroke? Beliau sehat2 saja ah, kmrn ngobrol dan diskusi bareng, bahkan pelayanan kependudukan tasik jadi percontohan

  5. Pusinglah ngabandungana peraturan mendagri teh,,KK,Akte kelahiran geus jiga lain dokumen penting kependudukan,,di cetak dina HVS 70/80gr..
    Ari persyaratan kudu salengkep2na, si horeng th dokumen anu diajukeun diprint dina HVS,,Cenah mh EFISIENSI JEUNG PENGHEMATAN ANGGARAN,,

    WILUJENG SUMPING we ahh pokonamah

  6. Mang Dhasep ga apa apa kok pake HVS juga. Itu memang dah ada juknis dan juklakna dari Dirjen Dukcapil Kemendag. Info kedepanya setiap kita berurusan dg pihak* terkait kita cukup dg menyebutkan NIK, bila pihak terkait ingin bukti fisik, kita tinggal unduh melalui ponsel. Menurut saya ini lebih praktis.

  7. Upami hyong tercatat mah kantun pasihkn atuh fotocopy surat nikahna gampil. NU hyong gentos KK namina hyong Aya gelaran ge sami pan Kedah Aya fc ijazahna. Perkawis status prkawinan ge upami ngadamel kk na disertkan fc surat nikah mah pasti tercatat.

  8. Alus Mun Kitu carana mh bisa ngabedaken mana nu resmi mana nu kawin siri jadi teu Aya pebedaan sadyana bisa gaduh dokumen sanajan nikah siri

  9. K alaman ku saya ngisi kk ngasal ,disdukcapil cik atuh euy sing merenah gagawean teh na teu sadar loba nu ngeluh. Upgrade geura pelayanana ,teu kabeh pemohon te sarua. Na rek kitu wae pelayanante da malayar atuh. Sing saladar haduduh

  10. Buku nikah ada data semua lengkap tapi, di EKTP keterangan blm menikah padahal bukti otentik sangat akurat, pertanyaannya siapa yg wajib di salahkan????

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.