Waspada Beredarnya Uang Palsu

220
0
INGAT 3D. Salah satu petugas BI sedang menyosialisasi keaslian uang rupiah di salah satu lokasi Pasar Murah Rakyat 2018.
Loading...

TASIK – Bank Indonesia Kantor Perwakilan Tasikmalaya mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap peredaran uang palsu. Terlebih pada Ramadan dan jelang Lebaran biasanya peredaran uang palsu meningkat.

Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Tasikmalaya Heru Saptaji mengatakan, meningkatnya peredaran uang di masyarakat saat momen hari raya, bisa dimanfaatkan pelaku pembuat uang palsu.

Pihaknya mengatakan Bank Indonesia telah melakukan upaya preventif dalam mengantisipasi beredarnya uang palsu di masyarakat.

“Dengan memperkuat bahan uang dan unsur pengamanan uang agar tidak mudah dipalsukan. Ada 11 hingga 12 unsur pengamanan dalam uang, di antaranya dicetak dengan tinta khusus, ada benang pengaman, logo rectoverso BI, tekstur uang yang kasar, gambar pahlawan,” terangnya.

Heru mengimbau masyarakat selalu waspada dan berhati-hati dalam bertransaksi dengan menggunakan uang serta selalu cermat dan teliti terhadap keaslian uang rupiah. ”Ingat 3D, dilihat, diraba dan diterawang,” ucapnya.

Loading...

Masyarakat juga diimbau untuk melakukan penukaran uang  di tempat penukaran uang resmi yakni di Bank Indonesia, perbankan maupun di Mobil Layanan Kas Terpadu di tujuh lokasi yakni Alun-Alun Kota Tasikmalaya, Alun-Alun Kabupaten Tasikmalaya, Alun-Alun Ciamis, Lapangan Manonjaya, Lapangan Indihiang, Alun-Alun Kota Banjar dan Alun-Alun Kabupaten Pangandaran. Serta di layanan penukaran uang melalui kegiatan kas keliling di 7 lokasi Pasar Murah Rakyat.

”Saya juga mengimbau masyarakat untuk memperlakukan dan merawat rupiah dengan baik melalui 5 J yakni jangan dicoret, jangan distepler, jangan diremas, jangan dibasahi dan jangan dilipat,” ujarnya.

Selain itu, untuk meminimalisir peredaran uang palsu, masyarakat juga bisa memilih menggunakan instrumen pembayaran non tunai. (na)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.