Waspada Covid-19 saat Pelaksanaan Pilkada Kabupaten Tasik

130
0
SILATURAHMI. Forkopimda Jawa Barat kunjungan kerja ke KPU Kabupaten Tasikmalaya dan bersilaturahmi dengan para calon bupati dan wakil bupati Tasikmalaya, Rabu (2/12). DIKI SETIAWAN/ RADAR TASIKMALAYA
Loading...

SINGAPARNA – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Barat melakukan kunjungan kerja ke KPU Kabupaten Tasikmalaya dalam rangka silaturahmi dengan pasangan calon bupati dan wakil bupati Tasikmalaya tahun 2020 di Kantor KPU Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (2/12).

Dalam kunjungan tersebut hadir Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri dan Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto. Mereka mengajak para calon untuk bersama-sama menjaga kondusivitas di Pilkada Tasik.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, kunjungan kerja dan silaturahmi dengan para calon bupati dan wakil bupati ini dalam rangka memantau pelaksanaan pilkada di wilayah Jawa Barat yang dilaksanakan di tengah pandemi.

“Hari ini kami melaksanakan tanggung jawab sebagai Forkopimda memantau tahapan pilkada yang ada di wilayah Jawa Barat. Kunjungan kerja sudah dilaksanakan ke kota/kabupaten lain, sekarang ke Kabupaten Tasikmalaya,” kata Uu kepada wartawan, Rabu (2/12).

Dari hasil pemantauan ini, kata Uu, tahapan pelaksanaan pilkada yang telah dilaksanakan KPU Kabupaten Tasikmalaya berjalan dengan baik dan lancar. Termasuk situasi dan kondisi berjalan aman dan damai walaupun di tengah pandemi Covid-19.

Loading...

“Mudah-mudahan juga sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan setelahnya pilkada selesai berjalan aman, damai dan kondusif. Harapan kami pilkada ini tidak hanya berjalan damai tetapi berjalan sehat di tengah pandemi Covid-19 dengan protokol kesehatan yang diterapkan, sehingga semuanya harus disiplin dan waspada,” ujar dia.

Baca juga : 1 Malam, 3 Pasien Covid-19 di Kota Tasik Meninggal

Uu menambahkan, pelaksanaan pilkada di tengah Covid-19 harus dimaklumi dan diharapkan tidak ada kluster baru termasuk adanya peningkatan kasus Covid-19 pada saat kampanye dan pemilihan 9 Desember.

“Kami minta pengertian kepada seluruh pasangan calon dalam rangka kampanye tetap protokol kesehatan diterapkan oleh tim sukses, relawan dan simpatisan serta masyarakat harus saling perhatian. Karena sehebat apapun perintah instruksi dan imbauan dari pemerintah, harus dipatuhi,” papar dia.

Dia menyampaikan dengan turunnya instruksi presiden tentang penguatan protokol kesehatan kepada seluruh masyarakat di Jawa Barat termasuk di daerah yang melaksanakan Pilkada 2020 dengan harapan berjalan aman, damai dan sehat.

“Hari ini, kami datang ke Kabupaten Tasikmalaya yang melaksanakan pilkada sebagai bentuk kepedulian Forkopimda terhadap jalannya pilkada di Jawa Barat,” ujarnya, menambahkan.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan, kunjungan kerja ke KPU Kabupaten Tasikmalaya dan silaturahmi kepada para calon bupati dan wakil bupati Tasikmalaya ini, Forkopimda mengajak semua untuk menjaga kondusivitas di daerah, apalagi pelaksanaan pilkada berjalan di tengah pandemi Covid-19.

Menurut dia, pilkada merupakan demokrasi untuk menciptakan kaderisasi atau memilih pemimpin yang luar biasa, masing-masing calon mempunyai tageline dan tekad dalam membangun Tasikmalaya.

“Pesan kepada para calon semua saling menjaga kondusivitas Tasikmalaya, peran bapak-bapak para calon menjaga gesrut dibawah. Perlu kedewasaan semua. Termasuk kami tekankan untuk protokol kesehatan betul-betul diterapkan di pilkada,” papar dia.

Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengajak masyarakat Kabupaten Tasikmalaya menjaga kondusivitas wilayah selama berlangsungnya proses tahapan Pilkada 2020 di Kabupaten Tasik.

“Juga harus patuhi protokol kesehatan selama mengikuti pelaksanaan pilkada, termasuk nanti pada saat mencoblos di TPS. Kepada para calon untuk bersama menjaga kondusivitas. Kita menjamin pelaksanaan pilkada serentak di Jawa Barat berjalan aman dan sehat,” kata dia.

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Zamzam Zamaludin SP mengatakan, dalam kunjungan kerja dan silaturahmi Forkopimda Jabar merupakan suatu sinergi yang dibangun bersama untuk jalannya pilkada aman, damai dan sehat karena di tengah pandemi.

“Salah satu tujuan dari silaturahmi Forkopimda Jabar ini untuk mengecek dan memantau kesiapan terkait dengan pelaksanaan pilkada,” ujar dia.

Menurut Zamzam, KPU juga menyampaikan kepada Forkopimda Jabar bahwa kesiapan untuk pelaksanaan pilkada menjamin 90 persen sudah dipersiapkan.

“Tinggal beberapa hal lagi yang harus dipersiapkan terutama menjelang hari pemungutan dan penghitungan suara 9 Desember. Kebutuhan logistik memang masih ada beberapa yang kami belum terima, karena masih di penyedia, hari ini juga akan diterima formulir, maka persiapan sudah 99 persen,” papar dia.

Artinya, tambah dia, setelah kesiapan mencapai 99 persen, maka satu persennya lagi tinggal mendirikan dan membuat Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua Desk Pilkada Kabupaten Tasikmalaya Mohamad Zen menyampaikan, sampai saat ini kesiapannya sudah mencapai 100 persen.

“Kami sudah melengkapi berbagai hal yang merupakan keharusan yang harus kami penuhi untuk pilkada, baik dari sisi administrasi, anggaran, itu sudah kami penuhi 100 persen,” kata Zen.

Tinggal, kata dia, kesiapan sekarang di KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara pemilu. Termasuk Desk Pilkada pun ikut mengevaluasi tahapan-tahapan yang sudah dilaksanakan Pilkada Tasik hingga saat ini.

“Untuk mensinergikan desk pilkada dengan penyelenggara pemilu KPU dan Bawaslu. Pada intinya kami sudah memenuhi semua kebutuhan untuk pelaksanaan Pilkada 2020 di Kabupaten Tasikmalaya,” papar dia. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.