Waspada Curat dan Curas

47
0

BANJAR – Kapolres Banjar AKBP Yulian Perdana mengimbau warga selalu waspada terhadap bahaya pencurian dengan pemberatan (curat) dan pencurian dengan kekerasan (curas).

Terlebih saat bulan Ramadan, perputaran perekonomian di masyarakat tinggi, nilai transaski juga besar sehingga rawan aksi kejahatan.

“Selama Ramadan dan menjelang Idul Fitri, perekonomian lebih intens ya. Kemarin ada kasus jambret atau curas. Alhamdulillahh sudah kita ungkap kasusnya. Kami sudah berhasil menangkap pelakunya. Tapi mungkin Senin pekan depan baru kami ekspose karena masih pengembangan anggota,” kata AKBP Yulian di Mako Polres Banjar Rabu (15/5).

Untuk mengantisipasi, pihaknya akan memprioritaskan pengamanan di titik keramaian massa selama Ramadan dan di jalur mudik dan balik.

“Tentu yang kita waspadai adalah pengamanan dari tindakan pencurian dengan kekerasan ya. Untuk rekayasa lalu lintas sendiri kami sudah mulai pemetaan,” ujarnya.

Sejauh ini, wilayah Kota Banjar sendiri akan diterapkan rekayasa lalu lintas secara situasional, karena jalur mudik untuk kendaraan pribadi tersedot ke wilayah jalur utara karena ada jalan tol. “Untuk itu kita lebih antisipsi terhadap tindakan curas,” tambahnya.

Lebih jauh, kata Yulian, pihaknya akan menurunkan setengah kekuatan dari personel Polres Banjar dan empat Polsek yang ada.

Namun untuk pengaman tidak cukup dilakukan oleh Polisi, masyarakatnya sendiri harus selalu waspada dan berhati-hati dalam kondisi apapun.

“Termasuk ketika akan mudik lebaran, rumah pastikan dikunci kemudian jangan meninggalkan barang-barang berharga dan yang paling penting mengecek kondisi dapur dan kelistrikan supaya saat ditinggalkan tidak terjadi sesuatu yang tidak diharapkan,” pungkasnya. (cep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.