Waspada Gunung Sawal

324

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

SEKITAR tiga hektare hutan kaki Gunung Sawal diterjang longsor tepatnya di kawasan Dusun Wanasari-Dusun Cihideung I, Jumat (9/11).

“Saya kaget melihatnya juga. Karena longsoran cukup besar sekitar tiga hektare dengan cukup tinggi dan lebar,” terang Lurah Cihideung 1 Kecamatan Sindangkasih Asep Dedi Supriadi

Ketinggian longsor diperkirakan mencapai 20 meter. Lebarnya sekitar 25 meter. Tanah yang berjatuhan ini menggerus pohon-pohon pinus Perhutani. Lumpurnya juga masuk ke Sungai Cideng. “Kami warga waspada. Mengingat saat ini hujan terus menerus ditakutkan terjadi lagi. Mudah-mudahan tidak ada kejadian lagi,” paparnya.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya menerangkan titik longsor di Gunung Sawal itu berada di sumber mata air. Longsor ini terjadi akibat guyuran hujan yang cukup tinggi selama dua hari. Tanah tidak kuat menampung air yang meluap. “Beruntung cukup jauh dari pemukiman. Jadi tidak mengancam. Namun warga tetap harus meningkatkan kewaspadaan. Terutama yang tinggal di bawah kaki Gunung Sawal. Karena hujan saat ini intensitasnya cukup tinggi,” ujarnya. (isr)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.