Waspadai Gangguan Alam

16

BUNGURSARI – Gangguan yang bisa menjadi ganjalan terlaksananya pemilu bukan hanya dari faktor manusia. Bencana alam pun menjadi salah satu potensi gangguan yang patut diwaspadai.

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Febry Kurniawan Ma’ruf SIK SH mengatakan, kerawanan bukan hanya berkaitan dengan pelanggaran. Bencana alam pun berisiko mengganggu kelancaran pemilu. “Apalagi bencana alam itu susah diprediksi,” kata dia saat ditemui Radar, Senin (15/4).

Untuk wilayah kota, dia tidak begitu mencemaskannya. Beda halnya dengan wilayah kabupaten yang masih dalam wilayah hukumnya. Perlu ada pengawalan ketat terhadap logistik pemilu dan keamanan warga. “Seperti di Sukaresik kan banjir, terus di Karangjaya jarak TPS dan rumah sebagian warga cukup jauh,” tuturnya.

Sebagai antisipasi, pihaknya menyesuaikan penempatan personel dengan tingkat kerawanan lokasi TPS. Pihaknya harus memastikan keamanan logistik, warga, serta jalur yang digunakan masyarakat ke TPS. “Kalau tidak tertanggulangi, kita kirim bantuan pasukan,” ujarnya.

Maka dari itu, Febry menginstruksikan kepada setiap personel yang ditempatkan di TPS untuk memahami kondisi alam dan kerawanan di lingkungannya.

Sebagaimana diketahui, dalam pengamanan pemilu Polri bekerja sama dengan TNI, Satpol PP juga BPBD. Bahkan jika terjadi kekacauan yang menonjol, pihaknya akan berkoordinasi dengan Brigif untuk menurunkan pasukan tempurnya. “Karena polisi di-backup oleh TNI baik dalam preventif maupun represif,” katanya.

Polres Tasikmalaya Kota sudah menyiagakan 600 lebih personel, 510 di antaranya ditempatkan di TPS ditambah bantuan pasukan dari polda sebanyak 140 personel. Kemarin, Polres Tasikmalaya Kota melakukan apel gabungan bersama TNI dan instansi lainnya.

Ketua KPU Kota Tasikmalaya mengakui bahwa bencana alam menjadi salah satu kekhawatiran terhambatnya proses pemilu. Terlebih ada beberapa TPS yang tidak bisa diakses dengan menggunakan mobil. “Jadi harus pakai motor, tapi setiap pergeseran logistik selalu dikawal oleh kepolisian,” ujarnya. (rga)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.