Awas! Hujan Deras Disertai Angin Kencang di Kota Tasik

281
0
HUJAN DERAS. Pengendara melintasi Jalan Wiratanuningrat, Tawang Selasa (7/1). BPBD mengimbau masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem. RANGGA JATNIKA / RADAR TASIKMALAYA

CIHIDEUNG – Tasikmalaya dan sekitarnya menjadi salah satu wilayah yang diprediksi diterpa cuaca ekstrem. Hal ini berpotensi mengakibatkan bencana alam akibat intensitas hujan yang tinggi.

Berdasarkan edaran Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Bogor diprediksi pada 6-12 Januari 2020 cuaca ekstrem akan melanda berbagai wilayah Jawa Barat, termasuk di Tasikmalaya.

Cuaca ekstrem yang dimaksud yakni hujan deras yang disertai angin kencang dengan intensitas yang tinggi di tambah kilatan petir. Prakiraan tersebut berdasarkan analisis BMKG dengan beberapa model prediksi.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya H Ucu Anwar mengimbau masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem atau saat terjadi hujan deras. “Kita juga sudah berupaya melakukan mitigasi untuk meminimalisir dampak bencana,” tuturnya.

Potensi bencana yang diwaspadai yakni genangan air yang berlebihan, pergerakan tanah, angin kendang dan sambaran petir. Meskipun belum ada kejadian menonjol, namun potensi tersebut tidak bisa disepelekan. “Siang pun lewat tengah hari curah hujan cukup tinggi,” ujarnya.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.