Waspadai Penyakit Diare

21
0
RAMAH. Kasi Kesling Kesorga Dinkes Kota Banjar Rusyono SKM ditemui di ruang kerjanya. Dia meminta masyarakat waspadai penyakit diare. Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya
RAMAH. Kasi Kesling Kesorga Dinkes Kota Banjar Rusyono SKM ditemui di ruang kerjanya. Dia meminta masyarakat waspadai penyakit diare. Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya

BANJAR – Kasi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga (Kesling Kesorga) Dinkes Kota Banjar Rusyono SKM mengimbau masyarakat mewaspadai penyakit diare.

Penyakit tersebut berpotensi muncul saat perubahan cuaca dari kemarau ke musim hujan, terlebih saat berkurangnya ketersediaan air bersih.

“Penyakit diare juga ditimbulkan dari perilaku masyarakat yang BAB sembarangan dan mencuci sayuran atau buah-buahan menggunakan air yang tidak bersih,” kata Rusyono Jumat (22/11).

Rusyono mengatakan sebagai antisipasi agar terhindar dari penyakit diare, saat mencuci sayuran, buah-buahan atau makanan dianjurkan menggunakan air matang.

Sebab apabila air dari sumur atau kran yang belum dimasak dikhawatirkan masih mengandung bakteri e.coli atau bakteri dari kotoran manusia yang tercampur dengan air.

“Kasus seperti itu pernah kita temukan di daerah Sumanding. Sebelumnya sempat ada pengerjaan saluran air, karena septic tank tidak kedap air. Maka merembes ke pipa PDAM yang bocor, sehingga bakteri e.coli tercampur dengan air dalam pipa,” ujarnya ditemui di ruang kerjanya baru-baru ini.

Loading...

Maka dari itu masyarakat diimbau memerhatikan septic tank. “Dua tahun sekali harus disedot, karena jika tidak akan airnya akan mengendap,” ujarnya.

Penyakit diare, kata dia, sangat kompleks. Tidak hanya timbul dari air, tapi juga dari tangan yang kotor, makanan basi dan lainnya.

Namun jika daya tahan tubuh kuat atau kebal, maka diare tidak akan menyerang. Namun, kata dia, kebanyakan kasus penyakit diare diakibatkan air yang kotor dan tidak bersih.

Rusyono menjelaskan syarat air bersih yakni 0 bakteri. Makanya air harus dimasak terlebih dulu.

“Diare juga bisa dicegah dengan banyak minum air putih serta berolahraga yang cukup supaya daya tahan tubuh stabil,” kata dia. (nto)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.