Waspadai Penyakit Musiman Kembali Datang Di Pangandaran

33
BERI IMBAUAN. Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran untuk menjaga kesehatan saat peralihan musim ata pancaroba.

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

PARIGI – Memasuki perubahan musim atau sering disebut pancaroba, kondisi cuaca kadang tidak menentu. Akibatnya tubuh sangat rentan terserang penyakit yang  disebabkan oleh virus dan bakteri, salah satunya adalah ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Yadi Sukmayadi mengatakan selain penyakit ISPA, tubuh juga sangat rentan terkena penyakit diare. “Kalau itu memang penyakit musiman, apalagi yang daya tahan tubuhnya lemah pasti kena,” ungkapnya kepada Radar saat ditemui di ruang kerjanya Jumat (2/11).

Menrut dia, saat pancaroba seperti ini masyarakat harus memperbanyak istirahat dan minum air yang banyak. “Kalau bepergian pake kendaraan bermotor harus pakau jaket,  perbanyak minum air hangat juga,” terangnya.

Bagi yang mau mengonsumsi suplemen  untuk meninggkatkan daya tubuh, menurut dia, tidak  jadi masalah. “Asalkan jangan terlalu banyak mengonsumsinya,” tegas dia.

Jika gejala ISPA yang menyerang tubuh  menimbulkan gejala yang berat, maka si penderita harus segera melakukan pengobatan. “Penggunaan antibiotik sangat dianjurkan bagi penderita ISPA yang cukup parah, terkena diare  juga harus mengambil pengobatan,” tuturnya.

Ia memastikan sampai saat ini belum ada laporan Kejadian Luar Biasa (KLB) penularan ISPA atau Diare di Kabupaten Pangandaran. “Belum ada laporan, tapi semuanya harus tetap waspada dan harus lebih menjaga kesehatan,” tegasnya.(den)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.