Waspadai Serangan Ubur-Ubur

117
0
JADI PRIORITAS. Kondisi wilayah di Pantai Timur Pangandaran menjadi lokasi yang dikhawatirkan terserang ubur-ubur Minggu (26/5). Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya

PANGANDARAN – Balawista Kabupaten Pangandaran tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi libur Lebaran. Salah satunya dengan mengantisipasi kecelakaan laut dan serangan ubur-ubur.

Sekretaris Balawista Kabupaten Pangandaran Asep Kusdinar mengatakan ihaknya sudah mengecek berbagai peralatan seperti perahu rescue, oksigen, obat-obatan dan lain-lain. Selain itu rambu-rambu larangan berenang juga sudah disiapkan.”Kita sudah siapkan semaksimal mungkin,” tuturnya kepada Radar, Minggu (26/5).

Menurutnya, saat ini Pangandaran sudah memasuki musim kemarau, salah satu hal yang dikhawatirkan yakni serangan ubur-ubur jenis botol biru. ”Karena saya dapat informasi dari anggota, katanya ubur-ubur jenis ini sudah muncul di Batu Karas, namun belum begitu banyak,” terangnya.

Untuk mewaspadai serangan ubu-ubur tersebut, pihaknya menyiapkan sabun colek, cuka, air hangat dan odol. ”Kalau melihar urgent-nya nanti, kita akan fokusnya ke ubur-ubur,” katanya.

Selain Batu Karas, lokasi yang sering ditemukan adanya ubur-ubur di Pantai Timur Pangandaran. ”Kalau di Pantai Barat hampir tidak pernah ditemukan hewan ubur-ubur, hanya di dua lokasi itu saja,” terangnya.

Pihaknya mengatakan masyarakat yang akan berlibur ke Pangandaran tidak perlu khawatir, namun tetap harus waspada. ”Kami juga akan terus mengawasi dan berlibur ke Pangandaran sangatlah aman,” tuturnya.

Selain serangan ubur-ubur, hal yang paling sering terjadi adalah anak-anak yang terpisah dari orang tua, kehilangan dompet dan lain-lain.

Jumlah anggota Balawista yang diturunkan untuk pengamanan liburan sebanyak 40 orang, mereka akan disebar di beberapa tempat. ”Kita juga dibantu oleh pemuda yang sudah pernah ikut pendidikan kilat (diklat) rescue,” terangnya. (den)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.