Wawali Kota Banjar Mengajak Pemdes Gali Potensi Kembangkan Desa

45
0
SAMBUTAN. Wakil Wali Kota Banjar Nana Suryana memberikan sambutan saat kegiatan Rapat Koordinasi Tim Inovasi Desa Selasa (23/7). Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya
SAMBUTAN. Wakil Wali Kota Banjar Nana Suryana memberikan sambutan saat kegiatan Rapat Koordinasi Tim Inovasi Desa Selasa (23/7). Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya

BANJAR – Wakil Wali Kota Banjar Nana Suryana mengajak pemerintah desa di Kota Banjar berinovasi mengembangkan dan memajukan daerah masing-masing. Hal tersebut dikatakannya saat Rapat Koordinasi Tim Inovasi Kota Banjar di salah satu pusat perbelanjaan Selasa (23/7).

“Hal itu sesuai dengan Permendes Nomor 4 tahun 2019 tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri DPTT Nomor 48 tahun 2018 tentang Pedoman Inovasi Desa,” ujarnya.

Ada tiga item yang diprioritaskan dalam peraturan tersebut, yakni pengelolaan pengetahuan inovasi desa, penyedian peningkatan kapasitas teknis desa dan pengembangan sumber daya manusia.

Ketiga item tersebut, kata dia, penting dalam mengembangkan desa dengan menggali potensi yang ada di desa. “Kalau sumber daya manusia siap, anggaran siap, maka implementasi di lapangan akan sesuai,” ungkapnya.

Nana mencontohkan Desa Mulyasari yang saat ini berinovasi dengan mengelola hutan di bawah Gunung Sangkur menjadi objek wisata. Menurut dia, itu menjadi daya tarik pengunjung untuk datang.

Ketua BPD Desa Mulyasari Asep mengaku adanya inovasi mampu memajukan desa dari berbagai hal. Salah satunya bisa meningkatkan pendapatan asli desa.

“Itu salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah desa, dengan memanfaatkan hutan milik perhutani menjadi objek wisata,” katanya. (nto)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.