Wawali Kota Banjar Optimis Dua Perusda Pulih

90
0
OPTIMIS. Wakil Wali Kota Banjar Nana Suryana saat ditemui di kawasan Banjar Water Park Minggu (23/6). Ia optimis dua perusda kembali sehat.

BANJAR – Wakil Wali Kota Banjar Nana Suryana mengungkapkan perusahaan daerah (perusda), yakni PDAM Tirta Anom mengalami kondisi sulit. Perusahaan tersebut memiliki tunggakan, sehingga dalam perjalanannya PDAM Tirta Anom tidak pernah mendapat untung.

Namun Nana optimis perusahaan plat merah itu kembali stabil dengan kepemimpinan yang baru. Menurut Nana, pemilihan direktur PDAM Tirta Anom melalui proses yang ketat dan teliti.

“Semua ingin perusda ini sehat dan berjalan dengan baik. Nah kemarin kan ada rekrutmen direktur PDAM yang baru dengan mekanisme yang sudah diserahkan kepada tim seleksi dan alhamdulillah terpilih seorang direkur,” kata Nana Minggu (23/6).

Ia menjelaskan dalam perjanjian dengan direktur baru Pemerintah Kota (Pemkot) Banjar membuat fakta integritas. Sebelumnya, kata dia, siapa saja yang menjadi direktur PDAM diberi waktu paling lambat dua tahun. Kondisi PDAM harus sehat. Sehat dibanding kondisi saat ini.

“Jadi kami tidak asal-asalan merekrut direktur. Kemudian tidak asal-asalan membiarkan setelah jadi begitu saja. Artinya kami punya target karena kami ingin perusahaan daerah ini bisa lebih lagi kedepannya,” kata dia.

Dalam jangka waktu itu, Pemkot Banjar memberikan keleluasaan untuk direktur dalam mengambil kebijakan internal di perusda. Pemkot tidak akan intervensi soal pegawai yang tidak sesuai job-nya. Terlebih yang disoroti penyebab tunggakan cukup tinggi adalah soal internal perusahaan.

Nana juga menanggapi soal kondisi Banjar Water Park (BWP). Kata dia, kondisi pemulihan aset negara ini perlu kerja sama dengan pihak ketiga.

“Kalau kita memperbaiki sesuatu tentunya dilihat mana hal-hal yang harus diperbaikinya. Mana perbaikan yang sedikit mungkin kita segera dengan cepat. Makanya itu kita memerlukan sumbangsih pikiran dan pengembangan oleh pihak ketiga untuk memulihkan kondisi Banjar Water Park,” ungkapnya.

Nana menjelaskan pemulihan Banjar Water Park tengah ditangani. Saat ini, kolam renang prestasi sudah beroperasi, tinggal wahana-wahana yang lain sedang dalam perbaikan dan pengoperasian kembali.

“Soal karyawan Banjar Water Park sendiri terdampak karena situasi yang tidak baik. Sekarang sedang diperbaiki untuk menjadi baik agar mereka juga ada hak dan kewajibannya yang mereka terima sebagaimana seorang karyawan,” kata dia.

Sebelumnya dua pimpinan perusahaan daerah (perusda) siap menyehatkan kembali perusahaan dalam waktu dua tahun. Seperti yang diungkapkan Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Anom Fitriah Nurkamilah ST, MM.

Diakuinya, PDAM Tirta Anom saat ini memiliki tunggakan cukup tinggi. Ini yang menjadi tantangannya. “Saya target dalam dua tahun harus sehat PDAM. Jika tidak, harus siap mengundurkan diri. Doakan saja, mudah-mudahan bisa kembali sehat,” harapnya.

Direktur Banjar Water Park (BWP) Dadan mengatakan jika melihat kondisi BWP sekarang, memang perlu melakukan kerja sama dengan pihak luar atau swasta. Mengingat tidak ada lagi APBD yang dikucurkan untuk BWP. “Saya targetkan kurang lebih dalam dua tahun ke depan BWP bisa kembali normal,” tegasnya. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.