Wawasan Kebangsaan, Bentuk Pelajar Berkarakter

35
PENYULUHAN. Danramil 1313 Banjar Mayor Inf Drs Agung Subekti memberikan materi wawasan kebangsaan kepada siswa baru MAN Banjar Selasa (16/7).
PENYULUHAN. Danramil 1313 Banjar Mayor Inf Drs Agung Subekti memberikan materi wawasan kebangsaan kepada siswa baru MAN Banjar Selasa (16/7).

BANJAR – Sebanyak 97 siswa baru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Banjar mengikuti pelatihan wawasan kebangsaan di kampus MAN Banjar Selasa (16/7). Kegiatan tersebut untuk membentuk karakter pelajar.

Komandan Koramil 1313 Banjar Mayor Inf Drs Agung Subekti mengatakan pelatihan tersebut untuk membentuk siswa berkarakter. Sehingga mampu berpikir, bersikap dan berperilaku yang didasari oleh nilai-nilai, norma dan hukum yang dilandasi Pancasila.

“Kita harapkan para siswa baru di MAN Banjar memiliki karakter Pancasila di kehidupan sehari-hari,” ujarnya Selasa (16/7).

Lanjut dia, pelatihan itu juga untuk membentuk peserta didik yang memiliki jati diri. Agar mampu meningkatkan proses belajar dan berlatih menjadi pribadi yang mandiri.

“Wawasan kebangsaan bukan hanya bagi anggota TNI saja. Tapi wajib bagi seluruh warga negara Indonesia,” katanya.

Kepala MAN Banjar Drs Zaenal Muttaqin MPdI berharap dengan pelatihan tersebut nantinya peserta didik baru memiliki pemikiran dan berperilaku baik. “Pelatih ini dilaksanakan selama tiga hari,” ujarnya.

PATUHI TATA TERTIB SEKOLAH

Kanit Bintibmas Polres Banjar Aipda Yadi menyampaikan materi kepada siswa SMK Negeri 1 Kota Banjar.
Kanit Bintibmas Polres Banjar Aipda Yadi menyampaikan materi kepada siswa SMK Negeri 1 Kota Banjar.

Satuan Binmas Polres Banjar mengadakan penyuluhan hukum di Aula SMK Negeri 1 Kota Banjar. Para siswa baru diajak menaati tata tertib dan perundang-undangan yang berlaku.

“Patuhi tata tertib sekolah. Jangan mudah terpengaruh oleh ajakan teman untuk melanggar aturan hukum. Kemudian hindari merokok, karena rokok sebagai jembatan utama penyalahgunaan narkoba,” ujar Kanit Bintibmas Aipda Yadi Selasa (16/7).

Dalam kegiatan itu, polisi juga memotivasi siswa supaya belajar dengan baik dan menaati tata tertib sekolah.

“Kami juga menyampaikan materi tentang antisipasi paham radikalisme, anti Pancasila, penyebaran paham terorisme serta sosialisasi empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI,” kata dia.

KBO Binmas Polres Banjar Ipda Eko Drajat berharap siswa dapat memahami materi yang sudah disampaikan.

“Selain kegiatan ini merupakan kegiatan rutin kami, kami berharap semoga kegiatan ini menimbulkan dampak positif bagi siswa untuk dipahami dan dijalankan dengan baik,” ujar Eko. (nto/cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.