WEBINAR KEBANGSAAN, Peran Penting Pemuda dalam Membangun Bangsa

    62
    0
    Loading...

    PAGERAGEUNG – Sebagai agen perubahan mahasiswa dituntut memiliki mental dan akhlak yang baik. Dengan mental dan akhlak yang baik pula mahasiswa akan menjadi generasi penerus bangsa dalam proses pemembangun bangsa dan negara Indonesia tercinta. Hal itu diungkapkan Kapolsek Pagerageung, IPTU. Nandang Rochman, SH. dalam acara Webinar yang digagas Himpunan Mahasiwa PGMI Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah Suryalaya Tasikmalaya (18/02/2021). Menurut Nandang, pemerintahan Joko Widodo telah menggulirkaan program Nawacita yang didalamnya menekankan tentang pentingnya revolusi mental. “Revolusi mental menurutnya adalah suatu gerakan untuk menggembleng manusia Indonesia agar menjadi manusia baru, yang berhati putih, berkemauan baja, bersemangat elang rajawali, berjiwa api yang menyala-nyala’’, ucapnya.
    Dia memberikan tips bagaimana mahasiswa menjadi agen-agen perubahan. “Ada banyak hal yang bisa dilakukan agar mahasiswa menjadi agen perubahan antara lain, kuliah dengan baik, tuntutlah ilmu dengan tekun, lakukan hal-hal yang positif, hindari dan jauhi menjadi penyebar berita hoaks, dan banyaklah bergaul dengan orang sukses’’. Diakhir paparannya dia menyampaikan sebuah pepatah, ketika seseorang bergaul dengan orang baik, maka ia akan menjadi orang baik. Begitu juga sebaliknya.

    Webinar yang mengusung tema menggali peran penting pemuda dalam berbangsa dan bernegara ini dibuka Ketua Prodi PGMI IAILM Suryalaya, Nana Suryana, S.Ag. M.Pd. Dalam pembukaannya Nana menyingung peran penting pemuda dan mahasiswa. “Mahasiswa dan pemuda memiliki peran penting dalam membangun bangsa dan negara. Mereka adalah asset bangsa dan negara. Sebagai asset bangsa, pemuda dan mahasiswa harus menyiapkan diri sejak dini dengan berbagai pengetahuan, keterampilan, dan sikap/akhlak yang baik’’. Menurunya tema webinar ini mengingatkan saya akan pidato bung Karno. ”Berilah aku 10 orang pemuda maka akan aku guncang dunia. Pidato bung Karno tersebut menguatkan bahwa pemudalah yang akan mampu menjadi penerus bangsa dan negara’’, pungkasnya. (NS)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.