Wilayah Tasik Selatan Terbanyak Jalan Rusak

248

Tasik Selatan mendominasi banyaknya jalan Kabupaten Tasikmalaya yang rusak. Dari sepanjang 443 kilometer jalan rusak, ratusan ruas jalan di antaranya berada di selatan.

Sekretaris Dinas (Sekdis) Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tasikmalaya Mamik M Fuadi ST MT mengatakan ruas jalan kabupten yang masih rusak di Tasik Selatan di antaranya Darawati-Culamega, Taraju-Bojonggambir, Papayan-Cikalong, Cikatomas-Salopa dan masih banyak ruas jalan lainnya.

“Selain wilayah selatan, ada juga daerah lain yang ruas jalannya perlu dilakukan peningkatan, seperti Jalan Cikeusal Tanjungjaya, Mangunreja-Sukaraja, Sindangsono-Sariwangi dan Mandalagiri-Leuwisari,” ucapnya.

Tahun ini ruas jalan kabupaten yang menjadi prioritas perbaikan adalah Jalan Darawati-Culameg, Taraju-Bojonggambir, Cikeusal-Tanjungjaya, Sindangsono-Sariwangi dan Mandalagiri-Leuwisari. ”Jadi prioritas peningkatan dan perbaikan jalan tahun ini anggarannya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan bantuan provinsi (Banprov),” terangnya.

Terpisah, Kepala Desa Padawaras Kecamatan Cipatujah Yayan Siswandi menilai dalam pengelolaan dan percepatan perbaikan antara jalan desa dengan kabupaten sangat jauh berbeda. Untuk saat ini mungkin progresnya lebih cepat dan baik pengelolaan jalan desa.

Sejauh ini pemerintah desa mengalami masalah ketika meningkatkan infrastruktur jalan. Pasalnya banyaknya jalan rusak bukan milik desa, melainkan kabupaten. Sementara pemerintah desa tidak bisa melakukan perbaikan jalan kabupaten karena aturannya tidak boleh. “Sementara saat ini masih banyak jalan kabupaten yang rusak parah berada di desa, dan itu terjadi di Tasik Selatan,” katanya. Padahal jika aturannya diperbolehkan, pemerintah desa akan membangun jalan tersebut dengan cepat. (dik/ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.