Wisatawan asal Bandung Nyaris Tenggelam di Pangandaran

100
PENYELAMATAN. Anggota Satgas Balawista menyelamatkan Asep, wisatawan asal Bandung yang tenggelam saat berenang di Pantai Barat Pangandaran, Minggu (11/2).

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

PANGANDARAN – Satuan Tugas (Satgas) Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) berhasil menyelamatkan Asep (43), wisatawan asal Bandung yang tenggelam saat berenang di kawasan Pos 3 Pantai Barat Pangandaran, Minggu (11/2).
Ketua Satgas Balawista Dodo Taryana mengatakan korban berhasil dievakuasi anggotanya yang berjaga di lokasi tersebut. “Alhamdulillah korban berhasil diselamatkan. Meskipun sempat syok dan tak sadarkan diri, namun kondisinya berangsur membaik setelah menjalani perawatan,” ungkapnya.
Dia menerangkan korban terseret arus ke tengah sehingga panik dan tenggelam. Beruntung, kejadian tersebut terlihat anggota Balawista. “Tim kita langsung gerak cepat melakukan pertolongan sesuai SOP,” ujarnya.
Dodo mengimbau agar wisatawan tidak berenang di zona bahaya dan selalu mempergunakan alat bantu berenang. “Patuhi rambu-rambu larangan dan arahan petugas Balawista. Jangan sekali-kali memberanikan diri berenang ke tengah laut. Berenang di tempat yang aman,” imbaunya.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pangandaran Undang Sohbarudin mengapresiasi upaya penyelamatan yang dilakukan petugas Balawista. “Saya kebetulan menyaksikan langsung momen penyelamatan wisata dari bandung itu. Saya sampai tegang, dramatis sekali,” ungkapnya.
Menurut dia, korban yang sedang berenang tiba-tiba terseret arus ke tengah. Beberapa saat kemudian, pelampung terlepas. “Alhamdulillah korban tidak langsung tenggelam. Masih nampak dipermukaan. Lalu dikejar dan diselamatkan petugas Balawista,” ujarnya.
Undang menyampaikan terima kasih kepada para petugas Balawista yang sigap dan tanggap melakukan penyelamatan. “Mereka bekerja mempertaruhkan nyawanya sendiri. Sungguh pekerjaan mulia. Semoga menjadi ladang ibadah dan Balawista jadi berkah buat semua,” tuturnya. (nay)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.