Wisatawan Tak Perlu Takut

31
0
BERWISATA. Para wisatawan sedang menikmati liburan di Pantai Barat Pangandaran Jumat (6/12). Balawista sudah mempersiapkan diri menghadapi libur panjang natal dan tahun baru. Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya

PANGANDARAN – Balawista Kabupaten Pangandaran sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi libur natal dan tahun baru.

Sekretaris Balawista Kabupaten Pangandaran Asep Kusdinar mengatakan persiapan seperti personil, peralatan penyelamatan, rambu-rambu dan lain-lain telah dipersiapkan dari jauh-jauh hari. ”Untuk personil jelas kita kekurangan, biasanya kita mengajak relawan untuk bergabung, termasuk pelajar agar membantu kita di darat,” ujarnya kepada Radar, Jumat (6/12).

Menurutnya, jumlah pengunjung akan meningkat beberapa kali lipat dari biasanya, perlu ada kewaspadaan terjadinya kecelakaan laut. ”Kalau kecelakaan laut memang kita tidak harapkan terjadi, tapi kalau antisipasi harus dilakukan, apalagi jumlah pengunjung yang diprediksi meningkat. Kita berdayakan personil yang ada untuk lebih maksimal” ucapnya.

Untuk rambu-rambu larangan berenang di zona berbahaya akan mulai dipasang pada dua minggu sebelum hari libur natal. ”Kalau rambu-rambu akan disebar di beberapa objek wisata, isinya seperti larangan berenang di zona tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, yang harus diwaspadai menjelang hari libur natal dan tahun baru adalah cuaca buruk, karena di bulan Desember biasanya sudah masuk musim penghujan. ”Biasanya hujan ini disertai angin kencang,” ucapnya.

Namun bagi wisatawan, lanjut dia, tidak perlu takut untuk berkunjung ke Pangandaran. ”Kami akan selalu makismal untuk menjaga keselamatan para pengunjung,” ujarnya.

Selain itu, untuk ancaman serangan ubur-ubur biasanya hampir tidak ada saat musim hujan tiba. ”Kalau sedang musim panas atau kemarau suka ada serangan ubur-ubur, kalau memasuki Desember ya jarang sekali,” ungkapnya. (den)

loading...
Halaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.