Wisuda Mahasiswa Unsil Terancam Ditunda

518
0

Pelaksanaan wisuda mahasiswa Universitas Siliwangi yang dijadwalkan bulan April 2020 terancam diundur. Hal itu berkaitan antisipasi penyebaran virus Corona serta kebijakan physical distancing (pembatasan fisik) dari pemerintah.

Senin (23/3), Unsil mengeluarkan surat edaran tentang perpanjangan kebijakan terkait pandemi Covid-19 di lingkungan Universitas Siliwangi. Dalam edaran itu, disebutkan beberapa poin termasuk perpanjangan terkait pandemi sampai 30 Mei 2020.

Baca juga : Penyebar Foto Hoax Pasien Positif Corona di Kota Tasik Minta Maaf

Di sisi lain berdasarkan kalender akademik Unsil bulan April ini dijadwalkan pelaksanaan Wisuda periode ke-II. Sebagian calon wisudawan dan wisudawati pun sudah melakukan pendaftaran.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unsil Jaka Pria Purnama mengaku sudah menerima edaran tersebut. Namun tidak ada kejelasan soal wisuda dalam edaran tersebut sehingga menimbulkan pertanyaan dari mahasiswa. “Banyak yang nanyain ke Medsos BEM juga ke pribadi saya,” ujarnya kepada Radar, kemarin.

Pihaknya pun langsung mempertanyakan kejelasan jadwal wisuda tersebut ke pihak lembaga. Meskipun tidak saklek, tapi pelaksanaan wisuda memang terancam ditunda sampai waktu yang tidak ditentukan. “Jawabannya tetap dilaksanakan kalau situasi membaik, tapi potensi besarnya memang ditunda,” terangnya.

Loading...

Menyikapi ini, BEM pun tidak bisa mempersalahkan pihak lembaga atau memaksakan wisuda untuk tetap dilaksanakan. Pasalnya penundaan wisuda ini tentunya mengikuti kebijakan pusat. “Kalau pun dipaksakan, berisiko juga kan karena sudah pasti ada keramaian,” terangnya.

Hal serupa juga diutarakan ketua BEM FKIP Unsil Muhammad Alfajri yang mengaku mendapat pertanyaan dari beberapa mahasiswa. Akan tetapi menurutnya kebijakan soal wisuda sudah tertera pada surat edaran yang pertama. “Karena dari surat edaran awal sudah disebutkan akan ditinjau ulang,” katanya.

Sementara itu, pihak lembaga Unsil belum bisa memberikan keterangan. Eva Santiana dari bagian Humas enggan memberikan pernyataan dan mengarahkan konfirmasi langsung kepada petinggi Unsil yang tadi malam belum berkenan dikonfirmasi. “Mungkin beliau sedang sibuk saat ini,” ujarnya. (rga)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.