Wow, 8000 Orang Pemudik dari Zona Merah Masuk Ciamis, Pemkab Lakukan Ini..

299
0
APEL UNTUK PENYEMPROTAN. Tim gabungan mengikuti apel untuk penyemprotan disinfektan serentak di halaman Pendopo Ciamis Selasa (31/3) sore. IMAN S RAHMAN / RADAR TASIKMALAYA

CIAMIS – Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya MM melepas tim penyemprotan disinfektan secara serentak di wilayah Kabupaten Ciamis Selasa (31/3) sore. Upacara pelepasan tim gabungan tersebut dilaksanakan di halaman Pendopo Ciamis.

Tim gabungan yang bergerak menyemprotkan disinfektan di Ciamis berasal dari Polres Ciamis, Kodim 0613 Ciamis, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), ASN, Satpol PP, Dishub, Tagana dan berbagai relawan lainnya.

Baca juga : Gaji Bupati & Wakil Bupati Ciamis Dipotong 50% untuk Penanganan Corona

Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya MM menyampaikan bahwa penyemprotan disinfektan secara massal diharapkan bermanfaat untuk mengantisipasi penyebatan virus corona.

Melalui penyemprotan disinfektan massal itu, corona diharapkannya tidak mampir di Ciamis.

Rute penyemprotan massal itu dari Bojong masuk Lingkar Selatan dan Banagara, Cihaurbeuti dan muter lagi.

“Sebetulnya ini sudah rutin setiap hari, namun kali ini berpencar dilaksanakan tiap desa dan kecamatan, semua sudah habis armada kita untuk peyemprotan,” paparnya.

Herdiat menambahkan saat ini sebanyak 8.000 pemudik telah tiba di wilayah Ciamis. Mereka terus berdatangan. Termasuk dari wilayah yang masuk kategori zona merah. Seperti Jabodetabek.

“Kita sudah siap antisipasinya dengan memperketat memeriksa para pendatang atau pemudik yang ke Ciamis,” jelasnya.

Mulai kemarin (31/3) sampai 30 April diberlakukan pemeriksaan di perbatasan Ciamis. Tim gabungan memeriksa masyarakat yang masuk ke Ciamis.

“Upaya kami akan terus memperketat memeriksa semua para pendatang yang masuk ke Ciamis,” papar orang nomor satu di Pemkab Ciamis ini.

Saat ditanya mengenai pemotongan gaji Bupati, Wakil Bupati dan para ASN, Bupati menjawab langkah tersebut merupakan bagian aksi kepeduliannya kepada masyarakat yang terkena dampak corona. “Ini kepedulian kami, karena dengan corona ini banyak masyarakat yang terdampak, makanya kita akan bantu,” ujarnya.

Pemkab Ciamis, sebelumnya, melakukan gebrakan untuk membantu mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19. Mereka memberlakukan karantina lokal terbatas dan memberikan donasi dari gaji bupati, wakil bupati dan aparatur sipil negara (ASN).

Kepala Bagian Humas Setda Ciamis Ani Supiani menjelaskan hasil keputusan rapat Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya MM, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra dan jajarannya salah satunya yaitu memotong gaji Bupati dan Wakil Bupati Ciamis sebesar 50%. Dananya akan disumbangkan untuk penanganan dan pencegahan wabah virus Covid-19.

Tak hanya itu, ASN yang mendapatkan tunjangan tambahan penghasilan (TPP) dipotong 10% dan fungsional 5%.

Pemotongan gaji bupati dan wakil bupati serta TPP ASN itu, rencananya diberlakukan selama tiga bulan. Mulai April-Juni 2020.

“Hal itu keputusan bersama yang memang kami lakukan untuk disumbangkan penanganan corona dari mulai APD (alat pelindung diri, Red dan sebagainya,” ujar Ani Senin (30/3) siang setelah rapat di Operation Room Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis.

Terkait karantina lokal terbatas, kata Ani, yaitu memperketat pengawasan di perbatasan Ciamis, terutama bagi masyarakat yang pulang ke Ciamis dari zona merah.

Baca juga : Akses Masuk Ciamis Diperketat oleh 20 Tim di Perbatasan

“Upayanya dengan melakukan pendataan kepada setiap pendatang dengan mengindentifikasi by name by address, terkait usia jenis kelamin dan kesehatan badannya. Pasalnya saat ini, ada istilah baru dalam cluster Covid-19 yaitu Orang Tanpa Gejala (OTG) bagi kita harus mengidentifikasi agar setiap orang dari zona merah khususnya terpantau,” ujarnya.

“Bagi OTG yang belum ada gejala sakit diarahkan untuk isolasi mandiri selam 14 hari. Begitu pula ODP. Untuk PDP yang belum pengecekan yang sedang dirawat dilakukan isolasi di rumah sakit yang diawasi oleh tim medis,” bebernya. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.