Wow, Bazar Hasil Tani Gebyarkan Penilaian ODF 2018 di Bungursari

6
Usai penilaian Kampung ODF Warga RW 05 dengan 3 RT Kelurahan Sukajaya Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya foto bersama tim juri ODF, Selasa (18/9) siang. foto: aisah/radartasikmalaya

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

BUNGURSARI – Usai penilaian Kampung Open Defecation Free (ODF) di Kecamatan Mangkubumi, tim  Penilaian dilanjutkan ke RW 05 dengan 3 RT Kelurahan Sukajaya Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya, Selasa (18/9) siang.

Di Kampung Gunung Cihcir, masyarakat menyiapkan penyambutan luar biasa. Saat juri datang, mereka disambut tim dogdog.

Itu kreasi para pemuda, RW dan masyarakat Gunung Cihcir. Tim juri juga disambut anak-anak madrasah diniyah dan masyarakat. Mereka memenuhi sepanjang jalan menuju panggung utama.

Setelah disambut kelompok anak-anak madrasah diniyah, tim juri disambut tim senam Germas. Mereka melaksanakan senam Maumere.

Baca Juga : Tim Juri ODF Disambut Marawis dan Senam Germas

Pesertanya, para bidan di Kecamatan Bungursari, kader PKK, Kader Posyandu, Kader Kelompok Wanita Tani (KWT) dan masyarakat lainnya hingga lansia.

Kader, bidan dan masyarakat yang menari, camat, lurah dan tamu undangan lainnya juga ikut menari untuk memeriahkan penyambutan.

Di samping itu selain penyambutan dengan berbagai penampilan di kampung Gunung Cihcir juga di sediakan Bazar Hasil Tani dari Tim KWT.

Diantaranya, sayuran kangkung, tomat, leunca, kacang panjang, seledri, kemangi, salada, bawang daun dan bayam yang semuanya merupakan sayuran organik.

Tim KWT juga memasarkan hasil olahan lainnya. Seperti ladu ketan, keripik ubi ungu, makaroni, sale original dan peyek dan lainnya.

Begitu juga dengan suguhan yang di buat dari bahan-bahan hasil alam Gunung Cihcir, seperti Bubuy bulan yang terbuat dari sukun yang direbus dengan euten gula dan kepala, susu, keju dan kacang yang di sangrai.

Tak lupa juga ada penampilan dari anak-anak diniyah berupa marawis yang menghibur masyarakat selama proses penilaian.

Camat Bungursari Hildat Darojati AP menuturkan penilaian ODF memberinya informasi penting terkait standar apa yang harus dimiliki oleh masyarakat untuk menjadi masyarakat yang sehat.

Dia juga mengatakan pasca penilaian yang diharapkan adalah adanya perubahan perilaku dari masyarakat.

“Juara bukan tujuan utama, tapi bagaimana dengan ODF ini ada perubahan perilaku dari masyarakat sehingga dalam mencapai masyarakat hidup sehat dapat terwujud. Untuk itu kami bersama-sama dengan semua unsur muspika, pemerintahan kecamatan, lurah dan puskesmas termasuk kader dan tim PKK serta partisipasi masyarakat yang tinggi akan berupaya memperbaiki dan kekompakan masyarakat ini menjadi kekuatan dan potensi bagi kami,” beber Hildat.

Ketua RW RW 05 Ade Nugraha mengatakan warganya sangat antusias menyambut event penilaian ODF. Ini bukan hanya saat ada penilaian namun juga saat ada program-program lainnya masyarakat RW 05 antusias ikut serta.

“Kami sangat senang karena kampung kami bisa dikenal. Sehingga dari awal masyarakat kami sudah antusias, menyiapkan berbagai hal. Kami berharap keikutsertaan masyarakat dalam setiap kegiatan bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat lainnya dan semoga kegiatan ini menambah giat bagi masyarakat kami sehingga makin produktif dan lebih baik lagi. Namun yang terpenting adalah makin meningkatnya kesadaran di masyarakat,” ujarnya.

Ketua Kelompok Wanita Tani (KTW) Aster 2 Rima Dwiyana menuturkan di lingkungannya memang sudah tidak ada warga yang buang air besar dimana saja sehingga bebas dari polusi.

Dia juga menuturkan untuk mengenalkan kampungnya dia beserta kelompok wanita tani menyuguhkan berbagai hidangan hasil taninya.

“Harapannya RW kami makin bersih, warganya makin aktif dan sehat. Kami juga untuk menjaga tanaman dan kebun KWT menyirami setiap pagi dan sore secara bergiliran, sehingga hasilnya bisa di pasarkan ke warga dan hasilnya masuk kas untuk kemudian di gunakan untuk membantu masyarakat,” ungkap Rima.

Di Kampung Gunung Cihcir, warga juga menyiapkan berbagai suguhan hasil tani saat mereka didatangi tim penilai. (ais)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.