Beranda Kota Tasik Wow.. Begini Kemudahan Bagi Peserta BPJS dengan Aplikasi Mobile JKN

Wow.. Begini Kemudahan Bagi Peserta BPJS dengan Aplikasi Mobile JKN

834
BERBAGI
Kacab BPJS Kesehatan Tasikmalaya, Dwi Desiawan (tengah, mengangkat HP) sedang menjelaskan aplikasi Mobile JKN kepada awak media saat Media Gathering Sosialisasi Mobile JKN di kantor BPJS Kesehatan Tasikmalaya, Kamis (29/3). foto; salsabila / radartasikmalaya.com

KOTA TASIK – Melihat tingginya angka pengguna telepon pintar, terlebih saat ini semakin banyak aktivitas yang bisa diakses hanya menggunakan sentuhan jari, BPJS Kesehatan mulai meluncurkan Mobile Application Berbasis Android yang dinamakan Mobile JKN.

Hal tersebut sebagai salah satu upaya meningkatkan pelayanan terhadap peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Aplikasi Mobile JKN-KIS ini menawarkan lima kemudahan bagi masyarakat. Adalah;

  1. Kemudahan untuk mendaftar dan mengubah data kepesertaan,
  2. Kemudahan mengetahui informasi data peserta keluarga,
  3. Kemudahan untuk mengetahui informasi tagihan iuran peserta,
  4. Kemudahan mendapatkan informasi fasilitas kesehatan (Faskes), dan
  5. Kemudahan menyampaikan keluhan ataupun pertanyaan seputar JKN-KIS.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Tasikmalaya, Dwi Desiawan mengungkapkan, melalui aplikasi ini masyarakat tidak perlu repot datang ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan di daerahnya.

Sebab, berbagai informasi dan kebutuhan informasi terkait JKN- KIS semua sudah tersedia dalam satu aplikasi Mobile JKN.

Salah satu keunggulan dari Mobile JKN tersebut, jelas Dwi, adalah fitur screening yang dapat memberikan informasi deteksi dini penyakit Diabetes Melitus (DM) dan Hipertensi.

“Sejauh ini DM atau hipertensi menjadi sumber pembiayaan JKN-KIS terbesar dan jumlah penderitanya terus mengalami peningkatan. Melalui fitur screening ini, peserta bisa melakukan deteksi dini apakah dirinya berpotensi memiliki kedua penyakit tersebut atau tidak supaya penanganannya bisa lebih cepat,” jelas Dwi kepada awak media, saat acara Media Gathering BPJS Kesehatan di kantor BPJS Kesehatan Cabang Kota Tasikmalaya Jalan Tanuwijaya, Kamis (29/3).

Selain itu, Dwi juga mengungkapkan keunggulan lain dari Mobile JKN, yakni peserta JKN-KIS bisa memberikan penilaian terhadap mutu pelayanan faskes tempat Ia berobat.

“Seperti transportasi online kan ada rating untuk drivernya, nah melalui Mobile JKN ini peserta juga bisa memberikan penilaian terhadap faskes mengenai baik atau buruknya pelayanan yang diberikan. Ini penting untuk meningkatkan mutu layanan,” tandasnya.

Salah seorang peserta JKN-KIS, M Ikbal (23) mengungkapkan kehadiran Mobile JKN ini sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Pasalnya, ia sering mengeluhkan antrian panjang yang kerap ditemui di kantor cabang BPJS Kesehatan.

“Sangat bagus kalau sudah ada aplikasinya, jadi ngga usah antri,” ujarnya kepada radartasikmalaya.com.

Melalui aplikasi Mobile JKN ini, peserta juga akan mendapatkan kartu JKN-KIS digital yang bisa digunakan untuk berobat apabila lupa membawa kartu fisiknya.

Untuk mendapatkan segala kemudahan yang ditawarkan, bisa segera mengunduh aplikasi Mobile JKN melalui Play Store atau Apple Store, kemudian registrasi dengan menggunakan data kependudukan lengkap, nomor selular aktif, dan alamat email.

(sal)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.