Beranda Selebriti Wow, Pendapatan Royalty Via Valen Kalahkan Iwan Fals

Wow, Pendapatan Royalty Via Valen Kalahkan Iwan Fals

120
BERBAGI

PERJALANAN karir penyanyi Via Vallen di industri musik Tanah Air terus bersinar. Tak hanya mendapat tempat di hati masyarakat kelas bawah. Lagu-lagunya pun terus diterima penikmat musik beragam genre berbeda.

Bahkan, perempuan kelahiran Surabaya, 1 Oktober 1991 tersebut berada di urutan nomor dua pendapatan royalty terbesar setelah Anji Drive.

Via pun mengalahkan sang legenda hidup, Iwan Fals yang berada nomor sepuluh dalam mendapatkan royalty dari Lembaga Menajemen Kolektif (LMK) Sentra Lisensi Musik Indonesia (Selmi).

”Terima kasih buat Selmi karena telah memberi royalty kepada saya dari penarikan penggunan musik yang digunakan secara komersil,” ujar Via Vallen kepada Indopos (Radar Cirebon Group), Selasa (27/3).

Meski tak menjelaskan secara detil berapa jumlah royalty yang didapatinya, Via mengaku karya lagunya banyak dikonsumi banyak pihak, baik itu untuk kepentingan industri karaoke, hotel, mal, dan banyak lagi. Dengan adanya LMK Selmi secara tidak langsung karyanya bisa dikontrol penggunaannya.

”Tahun ini adalah tahun kedua dari presindo,” katanya.

Dengan adanya royalty tersebut, Via pun merasa termotivasi untuk terus berkarya lebih baik lagi dan bisa diterima masyarakat banyak. ”Dengan ini saya sebagai artis dan musisi saya semakin semangat untuk terus berkarya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Menajemen Kolektif (LMK) Sentra Lisensi Musik Indonesia (Selmi) Jusak Soetiono mengatakan, LMK yang berhak memungut dan mendistribusikan royalti harus mendapatkan SK dari Kementerian Hukum dan HAM RI. Saat ini, LMK yang telah mendapat SK dari Kementerian Hukum dan HAM RI berjumlah 6 LMK yang terbagi dalam 2 kelompok, yaitu LMK Hak Cipta dan LMK Hak Terkait.

LMK Hak Cipta adalah LMK Karya Cipta Indonesia (KCI), LMK Wahana Musik Indonesia (WAMI), dan LMK Royalti Anugrah Indonesia (RAI) sedangkan LMK Hak Terkait adalah LMK PAPPRI, LMK Sentra Lisensi Musik Indonesia (SELMI), dan LMK Anugrah Royalti Dangdut Indonesia (ARDI).

Tahun ini LMK Selmi mendapat royalty Rp 13,3 milliar, royalti yang merupakan hak para pencipta lagu dan terkait yakni produser dan performer. ”Tahun ini ada kenaikan 20 persen dari tahun kemarin,” ujar Jusak.

Meski demikian, Jusak mengakui, banyak kendala yang didapati pihak LMKN untuk menarik royalti. Tak hanya bersifat administrasi namun hukum. ”Kendalanya banyak negosiasi, sampai kita banyak melakukan somasi,” katanya.

Salah satunya pihak televisi yang hingga saat ini ada beberapa yang tak mau membayar royalty. ”Sampai sekarang tetap masih ditawar, karena berbeda pandangan dan aturan undang-undang, ya mudah-mudah nantinya ada kata sepakat baru bisa dijalankan,” katanya. (ash/RadarCirebon)

Top 30 Penyanyi dan Pemusik Indonesia Peraih Royalti

Anji drive
Via vallen
Cita-citata
Tjahjadi
Rizal
Andhit
Endra
Mai
Radha
Iwan Fals
Ade govindha
Jeje Govinda
Pasha Unggu
Endha Unggu
Makki Unggu
Rowman Unggu
Once
Momo Geisha
Fatin
Robby Geisha
Dhan Geisha
AAN Geisha
Nard Geisha
Pance F pondang
Afgan
Tata janetha
Yuke sampurna
Firman Siagian
Yan Roesly
Yura Yunita

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.