Wujud Barisan Patriot Bela Negara dalam Upaya P4GN

726
0
Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) II Barisan Patriot Bela Negara Kabupaten Ciamis. foto; istimewa

CIAMIS – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) II Barisan Patriot Bela Negara Kabupaten Ciamis menggelar Diklat Dasar Bela Negara, bertempat di Aula Diklat BKD Lama (SKB) jalan Bojonghuni Ciamis, 11 – 13 Mei 2018.

Sebanyak 50 peserta yang hadir merupakan kader anggota Barisan Patriot Bela Negara (BPBN) di wilayah Kabupaten Ciamis.

Adapun tema Diklat Bela negara ini yaitu “Kesadaran Bela Negara dan Cinta Tanah Air”.

Ketua DPW II Barisan Patriot Bela Negara Kabupaten Ciamis, Hardedi Suharto menjelaskan maksud kegiatan.

Adalah, menjadi wadah kepedulian masyarakat untuk bela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sekaligus menjadi sarana partisipasi masyarakat Indonesia untuk memberikan sumbangsih guna kemajuan dan kesejahteraan bersama.

“Serta agar makin terbinanya niat tulus dan luhur terhadap Bela Negara dalam bentuk apapun demi kemajuan bangsa dan kesejateraan rakyat. Sekaligus mengoptimalisasi persatuan masyarakat demi terwujudnya masyarakat yang aman, adil dan makmur,” ujar Hardedi.

Dalam kegiatan Diklat ini, peserta juga diberikan pembekalan dari BNN Kabupaten Ciamis.

Misinya, tak lain agar para kader dan anggota Barisan Patriot Bela Negara terhindar dari narkoba. Sebab, narkoba merupakan salah satu ancaman bagi keutuhan bangsa.

Hardedi berharap dan menyarankan kepada seluruh kader serta anggota BPBN agar bebas dari Narkoba.

Selanjutnya, narasumber dari BNNK Ciamis AKBP Yaya Satyanagara SH, menjelaskan bahwa Presiden Republik Indonesia mengatakan Indonesia saat ini sudah memasuki Darurat Narkoba.

Kejahatan atau penyalahgunaan narkoba dilihat dari dampaknya lebih dahsyat terhadap kehidupan manusia, dibanding dengan perbuatan kejahatan lainnya yang sama-sama merugikan bangsa dan negara.

“Kita terus tingkatkan kewaspadaan terhadap narkoba. Sebab narkoba adalah kejahatan luar biasa (exrtraordinary crimes), serta kejahatan serius (serious crimes) yang dapat mengancam wawasan kebangsaan negara,” tandas Yaya.

Menurut Yaya, dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), pihaknya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama bersinergi menyelamatkan masyarakat, khususnya generasi muda dari ancaman narkoba. (rls)

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.