Wujudkan Generasi Perempuan Sehat

6
PENILAIAN. Tim evaluasi P2WKSS Jabar memberikan penilaian pelaksanaan Posyandu Gununggoler, Gunungsari, Kecamatan Sukaratu Selasa (25/9).

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

SUKARATU – Tim Evaluasi Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tingkat Provinsi Jawa Barat menilai program P2WKSS di Kampung Gununggoler Desa Gunungsari Kecamatan Sukaratu, Selasa (25/9).

Ketua Tim Evaluasi P2WKSS dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) Provinsi Jawa Barat Sursilah Yani Yulianingsih mengatakan kegiatan ini ajang peningkatan peran perempuan dalam berbagai pembangunan.

Dalam penilaian ini, kata Yani, ada beberapa tahapan yang dilakukan. Diantaranya melihat keadaan desa binaan sebelum ada program P2WKSS. Di mana desa tersebut minim sarana, baik bidang pendidikan, kesehatan dan lainnya.

Kemudian tahap selanjutnya meninjau langsung program P2WKSS yang sudah dilaksanakan di desa binaan tersebut. Ada perubahan perilaku kehidupan masyarakat baik dari pendidikan, kesehatan dan sarana prasarana seperti infrastruktur jalan.

“Kami mengharapkan adanya bantuan berbagai pihak baik pemerintah, perbankan atau perusahaan swasta sehingga desa berubah menjadi lebih baik,” terang Yani kepada wartawan di Kampung Gununggoler, Selasa (25/9). Hasil dari evaluasi ini, lanjut Yani, akan mengerucut desa binaan dari 27 kota kabupaten se-Jawa Barat yang terbaik.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tasikmalaya Drs Dadan Hamdani SKm MSi terus berupaya dalam peningkatan kesehatan wanita. Diantaranya pelayanan posyandu, penyuluhan kesehatan dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta penyuluhan penyakit balita.

“Sasarannya dimulai dari usia remaja putri dalam mewujudkan peranan wanita yang sehat. Supaya betul-betul wanita dalam kesehatannya bisa lebih baik,” paparnya.

Plt Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto SIP berharap program P2WKSS ini jangan hanya seremoni saja. Melainkan masyarakat khususnya peranan wanita bisa terus hidup sehat dan sejahtera. “Kita bisa hidup sehat bisa memberdayakan perempuan dan diberdayakan di dalam pembangunan,” paparnya. (dik)

loading...