Yuk Maknai Datangnya Gerhana Bulan Total

171
KH Achef Noor Mubaroq LC

TASIK – Badan Hisab dan Rukyat (BHR) Daerah Kota Tasikmalaya menyampaikan sehubungan akan terjadi Gerhana Bulan Total (GBT) pada Rabu 31 Januari 2018 pukul 18.48-21.11 WIB. Masyarkat diimbau melaksanakan salat sunat khusuf Al-qamar (gerhana bulan) di wilayah masing-masing.

”Dengan akan hadirnya GBT, maka kami imbau masyarakat melaksanakan salat gerhana bulan,” ujar Ketua BHR Daerah Kota Tasikmalaya KH Udin Sa’Dudin kepada Radar, Senin (29/1).

Menurutnya, puncak dari fenomena alam tersebut diperkirakan akan terjadi pada pukul 21.11 WIB. ”Saya harap masyarakat tidak menghubungkan fenomena alam biasa tersebut dengan hal –hal yang mistis. Sebab, di zaman Rosulullah SAW orang yahudi sering menghubungkan gerhana bulan sebagai tanda adanya orang yang meninggal. Dan kita jangan menirukan hal seperti itu,” tuturnya.

Untuk itu, rencananya di Masjid Agung Kota Tasikmalaya akan diselenggarakan salat sunat gerhana bulan berjamaah. ”Bagi masyarakat yang ingin ikut sangat dipersilahkan,” ucapnya.

Ketua MUI Kota Tasikmalaya KH Achef Noor Mubaroq LC mengatakan fenomena gerhana bulan total harus dijadikan sebagai sarana untuk beribadah. ”Menambah amal kebaikan dengan cara salat berjamaah dan berkumpul sambil bermunajat kepada Allah SWT,” tuturnya.

Gerhana bulan, menurut dia, juga harus dijadikan peringatan bahwasanya seluruh benda alam yang berada di jagat raya ini merupakan sebuah bentuk kebesaran Allah SWT. ”Tanda kebesaran dan tanda kekuasaan Allah SWT, juga sebagai peringatan bahwasanya kita ini adalah mahluk yang tidak berdaya,” ujarnya.

Selain, momen datangnya GBT harus dijadikan sebagai tafakur kepada Allah SWT. ”Kita harus merenungi, melihat dan meyakini bahwa Allah SWT maha besar, dengan bukti – bukti yang ada didepan mata kita, ” ucapnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.