Yusuf: Penanganan Korban Keracunan di Mangkubumi Kota Tasi Kekurangan Tenaga Medis

35
0
radartasikmalaya.com
Wakil Wali Kota Tasik, HM Yusuf saat menengok korban keracunan massal di SDN Puspasari Mangkubumi, Jumat (09/10) lalu. rezza rizaldi / radartasikmalaya.com

KOTA TASIK – Proses penanganan para korban keracunan nasi kuning di Puskesmas Mangkubumi, Kota Tasikmalaya sempat terkendala kekurangan tenaga medis yang merawat pasien.

Terlebih tenaga medis di wilayah ini sudah kekurangan untuk penanganan wabah Covid-19, ditambah adanya kasus keracunan massal yang tak diduga seperti ini.

Sementara itu, jumlah pasien keracunan terus bertambah dan berdatangan ke ruang perawatan darurat di bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Puspasari samping Puskesmas Mangkubumi.

“Berhubung pasiennya banyak, kita kendalanya kekurangan tenaga medis untuk merawat para korban keracunan,” ujar Wakil Wali Kota Tasikmalaya, Muhammad Yusuf kepada radartasikmalaya.com, Jumat (09/10) siang.

“Apalagi dalam penanganan Covid-19 saja kita kekurangan, ditambah kejadian ini (keracunan). Kemarin saja ada 80 pasien tapi sudah pulang sebagian. Siang ini ada 41 yang masih dirawat di sini, 2 sudah pulang,” sambungnya yang ditemui di Puskesmas Mangkubumi.

Terang dia, Pemkot Tasik melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) pun langsung memerintahkan pembagian dan pengalihan tenaga medis dari Puskesmas kecamatan lainnya untuk membantu proses penanganan pasien keracunan di Puskesmas Mangkubumi.

Diharapkan dengan tambahan tenaga medis penanganan pasien keracunan segera bisa diatasi dan tak menimbulkan korban jiwa.

“Bukan apa-apa, penanganan korban keracunan seperti ini butuh gerak cepat dalam penanganan medis. Kalau lama, akan membahayakan korban,” terangnya.

Yusuf pun telah meminta Dinas Sosial (Dinsos) supaya membantu persediaan makanan dan peralatan lainnya bagi para korban yang saat ini masih menjalani perawatan.

Jika korban terus bertambah, kata Yusuf, tak menutup kemungkinan akan didirikan dapur umum tambahan bagi para keluarga korban yang selama ini tinggal di ruang perawatan darurat tersebut.

“Dapur umum tambahan nanti akan didirikan jika para korbannya semakin bertambah. Jadi para keluarga yang menunggu pasein akan terjamin kebutuhan makanan kesehariannya,” pungkasnya.

(rezza rizaldi)

Berita Terkait :

Arif: Korban Keracunan di Mangkubumi Kota Tasik Bisa Capai 500 Orang

171 Orang dari 12 Kampung di Mangkubumi Kota Tasik Keracunan, Ini Datanya..

Ada 72 Anak Keracunan Massal di Mangkubumi Kota Tasik, Total Korban 156

114 Warga Karikil Mangkubumi Kota Tasik Keracunan, Ini Penyebanya..

Ada 114 Warga Karikil Mangkubumi Kota Tasik Keracunan Nasi Kuning, Ini Datanya..

Puluhan Orang Tua & Anak Warga Mangkubumi Kota Tasik Keracunan Nasi Kuning

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.