Yusuf : Seniman Dilibatkan dalam Tim Estetika Pembangunan Kota Tasik

257
0
Loading...

PENDOPO – Komunitas Seniman Kota Tasikmalaya menggelar pameran dengan tema “Lukisan Berdansa dalam Senja Warna Warni Perupa Tasik” mulai 4 Maret sampai 10 Maret 2019, di Rumah Budaya (Pendopo Lama) Tasikmalaya Jalan Alun-alun Kota Tasikmalaya.

Hadiri dalam kegiatan itu, Wakil Wali Kota H M Yusuf dengan istrinya Hj Rukmini, Kepala Dinas Pariwisata Hadian, Kepala BPBD Ucu Anwar, mahasiswa serta tamu undangan lainnya.

Pimpinan Komunitas Cermin, Arman Syah Timutiah mengatakan, acara digelar dalam rangka Launching Album Musikal Puisi dan sebagai ruang silaturahmi para seniman Tasikmalaya.

“Karena kita ada kerinduan para seniman lama, ini sebagai komunikasi sosial, teman-teman yang buat karya di rumah sendiri itu proses kreatif. Sedangkan ruang sosial ini sebagai komunikasi antar seniman dan ruang silaturahmi,” ujarnya.

Adapun rangkaiannya adalah, tanggal 4 Maret pembukaan, tanggal 5 dan 6 Maret diskusi pelukis dengan para mahasiswa dan masyarakat umum.

“Sedangkan tanggal 7, 8, 9 dan 10, lomba musikal puisi se-Jawa Barat tetapi terbuka juga untuk daerah lainnya ada yang dari Kalimantan, Jakarta, Bandung, Serang, Cianjur dan daerah sekitar. Nanti puncaknya ada launching album musikalisasi puisi ada 11 penyair Tasikmalaya,” katanya.

Loading...

Arman berharap, para pelaku seni harus tetap bergairah, dengan adanya pameran. Selain itu, apresiasi dari masyarakat terhadap karya seni bisa lebih meningkat. “Kedepannya intensitas pameran akan tetap dilaksanakan,” katanya.

Terpisah, Wakil Wali Kota Tasikmalaya, M Yusuf mengapresiasi kegiatan pameran lukisan tersebut. “Saya juga bagian dari barisan keluarga seniman. Saya dari dulu senang urusan seni lukis ini. Mudah-mudahan apresiasi saya ini terbawa oleh teman teman di pemerintahan, nanti saya undang ke sini. Karena para dinas belum paham seni lukis ini seperti apa,” ujarnya.

Yusuf menambahkan mudah-mudahan pameran ini berhasil walaupun sifatnya hanya sebatas apresiasi saja.

“Minimal orang bisa melihat dan suka. Kalau sudah suka lebih jauhnya beli dan mengoleksi, sehingga karya seni di Kota Tasik tumbuh berkembang dengan baik,” katanya.

Yusuf berharap, kedepan para seniman mencoba melibatkan dalam Tim Estetika Kota Tasikmalaya. “Pembangunan Kota Tasik nantinya akan melibatkan para seniman. Sehingga para seniman, arsitek, tekhnik sipil bergabung dalam tim estetika yang sedang kami rintis. Mudah mudahan ini berhasil, doakan saja,” pungkasnya. (anshari)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.