Zakat Fitrah Tahun Ini Mencapai Rp 20,6 Miliar

93
0

SINGAPARNA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tasikmalaya mencatat jumlah nilai zakat fitrah tahun ini mencapai Rp 20,6 miliar. Jumlah tersebut mengalami kenaikan dari tahun lalu sebesar Rp 18,7 miliar.

“Ya memang untuk tahun ini ada kenaikan, diperkirakan kenaikannya bisa mencapai 10 persen dari tahun lalu,” ujar Yedi Budiana, kepala Divisi Bidang Perencanaan Keuangan dan Pelaporan Baznas Kabupaten Tasikmalaya kepada Radar, Kamis (13/6).

Kata dia, memang untuk zakat ini tidak semua berbentuk uang, karena masih didominasi dengan beras. Namun, setelah semuanya dikalkulasikan kepada rupiah muncul jumlah Rp 20,6 miliar.

“Jumlah tersebut pun belum seluruhnya, karena masih proses penerimaan laporan dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di masjid besar kecamatan,” jelasnya.

Terang dia, jumlah zakat tersebut didistribusikan di DKM 82,5 persen Rp 17 miliar, tingkat desa 6,5 persen Rp 1,3 miliar, di kecamatan 5 persen Rp 1 miliar, tingkat kabupaten 6 persen Rp 1,2 miliar dan Baznas Kabupaten Tasikmalaya hanya 6 persen Rp 1,2 miliar yang akan dikembalikan ke daerah sesuai dengan program yang telah dibuat dalam rencana kegiatan anggaran tahunan.

Koordinator Pengumpul Zakat Desa Sukaherang Kecamatan Singaparna, Maman Karimana mengungkapkan dari jumlah penduduk 4.670 jiwa, yang wajib zakat sebanyak 2.371 jiwa. “Jumlah beras untuk zakat fitrah yang terkumpul mencapai 5.820 kilogram dari 11 RW yang ada di desa,” ungkapnya.(obi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.