Zonasi PPDB Diberlakukan Tahun Ini

1535
0
Loading...

TAROGONG KIDUL – Kabupaten Garut akan menerapkan sistem zonasi dalam proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang SMA/MA tahun ini.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Garut H Cecep Rusdaya mengatakan saat ini memang belum semua sekolah siap menerapkan sistem zonasi penerimaan siswa baru. Baik SMA maupun MA.

“PPDB sistem zonasi ini perlu di rembukan kembali untuk menghasilkan kesepakatan, sebelum dilaksanakan,” ujarnya usai sosialisasi PPDB di SMAN 1 Garut Jumat siang (27/4).

Dia mencontohkan SMAN 1 Garut yang berada di Kecamatan Tarogong Kidul. Tapi, siswa yang sekolah di sini sebagian besar juga berasal dari Kecamatan Garut Kota dan Kecamatan Tarogong Kaler.

Setelah sistem zonasi diberlakukan nanti, hal semacam ini tidak akan dijumpai lagi. Masing-masing sekolah akan mendapat siswa dengan domisili sekitar wilayah.

Loading...

Tujuan penerapan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru, kata dia, memang sangat baik.

Yakni supaya penyebaran peserta didik merata di tiap sekolah. Sehingga, sekolah-sekolah yang ada di daerah bisa berkembang.

“Jadi potensi di setiap daerah itu bisa tergali. Karena setelah lulus SMP, siswa tidak menyebar ke luar, tetapi dilanjutkan di SMA yang ada di wilayah itu juga,” katanya.

Dengan penerapan sistem zonasi, lanjutnya, tidak akan ada lagi sekolah favorit yang menjadi incaran peserta didik. Begitu juga dengan sekolah di daerah. Mereka tidak akan kekurangan siswa.

“Sekarang tidak ada lagi sekolah favorit karena semua sekolah akan menjadi favorit kalau sistem ini dijalankan,” terangnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.